Sukses

Mahir Berbahasa Inggris Melalui Permainan Scrabble

Selain untuk hobi dan perlombaan, permainan scrabble juga ternyata dapat membantu Anda belajar berbahasa Inggris, lho.

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi suatu kebutuhan wajib bagi masyarakat dunia. Dengan kemampuan tersebut, seseorang dapat memperoleh banyak keuntungan seperti prestasi akademik yang lebih baik, pekerjaan yang lebih bergengsi, dan bahkan pergi ke luar negeri.

Namun, sebagai negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris seperti Indonesia, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi durasi waktu belajar bahasa Inggris di dalam kurikulum pendidikan Indonesia masih tergolong sedikit, sehingga belum cukup memenuhi kebutuhan pelajar.

Oleh karena itu, guna mengatasi masalah tersebut scrabble bisa menjadi sebuah terobosan baru yang dapat dicoba untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Meskipun sebenarnya scrabble memiliki kamus tersendiri seperti Collins, namun Helen Newstead kepala konten bahasa Collins menegaskan bahwa kamus tersebut selalu memasukkan bahasa Inggris ke dalam database kata mereka baik yang formal maupun informal. Demikian dilansir dari independent.co.uk Rabu (25/7/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menambah kosakata

Penguasaan kosakata merupakan inti dalam permainan scrabble. Satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan untuk memenangkan permainan ini adalah dengan terus menambah kosakata.

Anda akan selalu terpacu untuk menambah kosakata bahasa Inggris Anda secara berkelanjutan tetapi dengan cara yang tetap menyenangkan. Anda akan lebih sering berhubungan dengan kamus, membaca segala sesuatu yang berhubungan dengan bahasa Inggris, dan juga menyusun berbagai kata dari susunan huruf yang sama (anagram).

 

3 dari 3 halaman

Menguasai grammar

Permainan yang sebelumnya dikenal sebagai It dan Criss-Cross Words tersebut juga mengikuti kaidah tata bahasa dalam bahasa Inggris atau grammar. Salah satu contohnya adalah kata 'eat'. Kata tersebut dapat ditambahkan akhiran 's' yang merupakan rumus Simple Present Tense, akhiran 'ing' yang merupakan rumus Simple Continuous Tense, dan kemudian berubah menjadi 'ate' pada bentuk Simple Past Tense.

Penguasaan grammar akan sangat berpengaruh dalam memenangkan permainan ini. Sebab, hal ini akan memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan poin yang lebih besar.

Bagaimana menurut Anda? Scrabble cukup asyik kan untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris?

(Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini