Sukses

Ternyata, Ini Manfaat Baik Berciuman untuk Tubuh

Tak hanya hubungan yang semakin erat, ternyata berciuman juga memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Berciuman merupakan hal yang umum dilakuka oleh pasangan. Tak hanya sebagai pewarna dalam hubungan, namun berciuman juga dapat mempererat hubungan bersama pasangan. Tak hanya hubungan yang akan semakin mesra saja, tapi ternyata ada sejumlah manfaat baik berciuman bagi tubuh. Penasaran apa saja? Simak berikut ini.

1. Menciptakan rasa bahagia

Saat berciuman, otak akan dipengaruhi oleh hormon oksitosin dan dopamine. Hormon tersebut merupakan hormon yang dapat menciptakan rasa bahagia bagi tubuh. Dengan berciuman, maka tubuh akan terasa lebih bahagia dan juga akan membuat mood menjadi lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Meminimalisir tekanan darah dan kolesterol

Ternyata berciuman juga dapat mempengaruhi detak jantung yang akan membantu mengontrol tekanan darah. Bahkan sebuah studi menemukan fakta bahwa berciuman dapan mengurangi kortisol yang merupakan hormon yang berkaitan dengan berat badan, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

3 dari 3 halaman

3. Meredakan stres

Tanpa perlu mencari obat stres yang paling ampuh, ternyata dengan berciuman rasa stres pun akan mereda. Hal ini terbukti dari studi dengan mengambil sampel dari beberapa responden yang rutin melakukan ciuman dengan pasangan yang terbukti memiliki kadar stres yang lebih rendah daripada pasangan yang jarang berciuman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.