Sukses

GWK Berdiri, Ini 4 Patung Tertinggi di Dunia yang Baru

Liputan6.com, Jakarta Patung bagi dunia pariwisata bukan hanya sekadar karya seni, patung di banyak negara menjadi ikon yang menarik banyak kunjungan wisata. Tak heran jika banyak negara berlomba-lomba membangun patung setinggi-tingginya, tak terkecuali Indonesia.

Berikut empat patung yang tercatat paling tinggi di dunia, bahkan salah satunya dari Indonesia yang mengalahkan Patung Liberty.

1. Spring Temple Buddha

Patung tertinggi di dunia berada di Tiongkok yakni Spring Temple Buddha. Ukurannya mencapai 153 meter termasuk 20 meter alas bunga teratai, dan 25 meter fondasi patung.

Meski dihitung ukuran patungnya saja, Spring Temple Buddha tetap menjadi yang tertinggi di dunia dengan ukuran 128 meter. Patung yang dibangun pada tahun 2002 ini berada di Lushan, Tiongkok. Patung berwarna emas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

 

2 dari 4 halaman

2. Laykyun Setkyar

Patung Laykyun Setkyar termasuk dalam patung tertinggi. Patung ini berukuran tinggi total 130 meter. Jika hanya dihitung patungnya saja tanpa alas, patung Buddha Gautama yang terletak di Monywa, Myanmar ini setinggi 116 meter.

Patung tersebut berada satu kawasan dengan patung Reclining Buddha. Kedua ukuran patung Buddha itu sama-sama super jumbo. Banyak wisatawan dari berbagai negara datang ke kawasan patung Laykyun Setkyar.

 

3 dari 4 halaman

3. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Patung GWK akan menjadi patung tertinggi di dunia dan mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Saat ini patung yang berada di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali ini tengah dalam proses penyelesaian.

GWK menjadi patung tertinggi ketiga di dunia dengan tinggi mencapai 121 meter dari atas tanah, sementara patung Liberty hanya sekitar 93 meter plus konstruksi hingga mencapai 96 meter.

Menurut penciptanya, yaitu seorang seniman bernama Nyoman Nuarta, saat ini pengerjaan patung sudah mencapai 35 persen dan dijadwalkan akan selesai sekitar Agustus tahun 2018.

 

4 dari 4 halaman

4. Patung Liberty

Statue of Liberty atau Patung Liberty adalah patung berukuran raksasa yang tingginya mencapai 46 meter. Namun jika dihitung dari alas total patung ini mencapai 93 meter. Patung ini terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson, New York Harbor, Amerika Serikat.

Patung tersebut terbuat dari bahan dasar perunggu dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886. Patung Liberty masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

 

Sumber: Merdeka.com

Loading