Sukses

Hati-Hati, Ini 7 Tanda Anda Pacari Orang Narsis

Simak beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda pacari orang yang narsis

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memiliki pasangan yang suka pamer akan semua hal di media sosial dan lingkungan sosial, mungkin Anda memacari orang narsis. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Clinical Psychiatry menunjukkan bahwa sekitar enam persen dari populasi memiliki Narcissistic Personality Disorder (NPD). Di mana 7,7 persen di antaranya adalah wanita dan 4,8 persen adalah pria.

Dr. Gene Beresin yang merupakan seorang psikolog klinis mengidentifikasi beberapa tanda yang memungkinkan Anda berpacaran dengan orang yang narsis, seperti dikutip dari Independent pada Rabu (11/4/2018). Berpacaran dengan orang narsis mungkin nampak menyenangkan di awal hubungan. Namun seiring berjalannya waktu, sikap mereka yang narsis akan membuat Anda terjebak jika tidak hati-hati

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Suka berbicara tentang diri sendiri

Jika Anda berpacaran dengan orang yang sangat narsis, kemungkinan besar percakapan bersamanya di malam kencan hanyalah seputar pencapaian, kesuksesan, dan minatnya. Menurut Dr. Gene, si Narsis seringkali tampak bosan ketika berbicara tentang Anda dan mereka suka mengubah fokus terhadap mereka.

2. Ingin dipuji terus menerus

Si Narsis selalu ingin menjadi pusat perhatian dan mengharapkan pasangan untuk mengakui prestasi, bakat, dan penampilan mereka. Menurut Dr. Gere, hubungan Anda akan berantakan jika tidak menyayanginya. Mereka juga cenderung tersinggung jika Anda menunjukkan tanda ketidaksetujuan terhadap apa yang mereka katakan.

3 dari 4 halaman

3. Merendahkan orang lain

Si Narsis sering berpikir bahwa mereka mampu melakukan pekerjaan yang lebih baik dari yang lain. Keyakinan ini semakin memperuat keyakinan bahwa mereka selalu benar.

4. Sensitif dan bereaksi berlebihan

Ketika kebutuhan emosionalnya tidak terpenuhi, si Narsis cenderung memberikan reaksi yang berlebihan. Banyak orang narsis yang bahkan tampak sangat marah dan menangis sampai orang lain meminta maaf pada mereka.

5. Kurang empati

Ketika Anda mengalami hari yang buruk, mungkin si Narsis akan datang. Namun motivasi mereka bukan untuk menghibur Anda, melainkan ingin Anda memenuhi kebutuhan emosional mereka.

Karena ketika seseorang sudah dipenuhi oleh dirinya maka akan tersisa sedikit ruang untuk memiliki empat yang tulus kepada orang lain.

4 dari 4 halaman

6. Membuat Anda merasa bersalah tentang diri Anda

Jangan berharap Anda bisa bahagia dengan pasangan yang narsis. Justru mereka akan terlalu kritis atau berusaha mengecilkan pencapaian Anda. Pasalnya, keberhasilan Anda akan menjadi ancaman bagi mereka.

7. Bisa menjadi begitu menawan dan murah hati

Di awal hubungan, si Narsis akan menunjukkan sisinya yang menyenangkan. Ia bisa memesona dan begitu murah hati untuk menunjukkan betapa hebatnya mereka. Namun mereka bisa menjadi begitu ganas ketika orang lain tidak merespon sesuai yang ia harapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.