Sukses

Hari Nyepi di Bali Tahun Ini Tanpa Internet, Wisatawan Mati Gaya?

Hari Nyepi tahun ini yang tanpa internet membuat wisatawan mati gaya? Simak beberapa hal agar traveler tak mati gaya saat Nyepi di Bali.

Liputan6.com, Jakarta Hari Nyepi atau Tahun Baru Saka di Bali selalu dirayakan dengan suasana sepi dan sunyi. Pada hari tersebut, semua penduduk dan wisatawan yang berkunjung di Pulau Bali harus mematuhi peraturan untuk tidak melakukan aktivitas selama 24 jam. Yang tidak merayakan Nyepi juga perlu menjamin suasana syahdu, menciptakan keheningan di seluruh penjuru Pulau Bali.

Namun ada yang berbeda perayaan Nyepi tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain semua stasiun televisi nasional maupun lokal dihentikan total, provider penyedia jasa seluler dan internet juga akan dihentikan selama Hari Nyepi.

Hal tersebut tertulis dalam edaran resmi Seruan Bersama Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali 2018 yang ditandatangani Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika. Dalam edaran tersebut di poin ke-empat tertulis, “Provider penyedia jasa seluler diharapkan untuk mematikan data seluler (internanet) dari Sabtu, 17 Maret 2018 pukul 06.00 Wita sampai dengan Minggu, 18 Maret 2018 pukul 06.00 Wita.”

Arda, salah seorang guide dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) chapter Bali saat dihubungi Liputan6.com mengatakan, aturan tanpa internet saat Nyepi baru ada di tahun ini. Sebelumnya hanya tayangan televisi yang mematikan tayangannya selama Hari Nyepi.

“Kalau memang harus seperti itu ya wisatawan harus siap mati gaya. Tapi kan hotel-hotel biasanya punya trik untuk membuat wisatawan tidak merasa bosan saat Nyepi, misal membuat program game atau semacamnya,” ungkap Arda.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rasakan Suasana Syahdu Saat Nyepi di Hotel

Salah satu hotel yang memberikan layanan spesial saat momen Nyepi adalah Hotel Sheraton Bali. Hotel menawarkan paket liburan spesial untuk menikmati ketenangan pulau. Di mana Anda bisa menginap dua malam pada 16 hingga 18 Maret 2018 dengan beragam fasilitas. Anda akan mendapatkan sarapan prasmanan untuk dua orang di Feast Restaurant. Untuk makan siang dan makan malam, Anda bisa mendapatkannya bersamaan dengan minuman ringan, jus, dan kopi gratis. Tak hanya itu, Anda bisa mendapatkan potongan harga sebesar 10 persen untuk menikmai perawatan spa di Shine Spa.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, Anda bisa mendapatkan tempat tidur tambahan untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Anak Anda juga mendapatkan akses gratis ke klun anak-anak di Play@Sheraton, serta botol minum gratis bagi anak-anak yang bisa digunakan untuk isi ulang jus dingin dan cokelat panas secara gratis.

Resort ini sendiri menawarkan 203 tempat peristirahatan ekslusif. Masing-masing dilengkapi dengan Sheraton Signature Sleep Experience dan balkon pribadi yang luas dengan pemandangan Samudera Hindia. Resor ini juga memiliki pemandangan laut dua lantai dengan pemandangan kontemporer Presidential Suite dengan pendekatan kontemporer interior Bali dan lounge berjemur pribadi.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Mati Gaya

Bagi Anda yang ingin ke Bali untuk merasakan momen pulau Bali yang sepi dan syahdu, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan berikut agar tak mati gaya.

Siapkan bekal makanan yang cukup

Jangan harap Anda bisa mengunjungi restoran, kafe, atau mini market saat Bali sedang melaksanakan ritual Catur Brata Penyepian. Pasalnya tidak ada satu pun yang buka. Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan segala sesuatunya minimal H-1 sebelum Nyepi. Makanan dan minuman, serta obat-obatan adalah sesuatu yang penting Anda siapkan sebelum Nyepi tiba.

Siapkan buku

Bagi wisatawan yang datang ke Bali saat Nyepi dan tidak melakukan aktivitas Catur Brata Penyepian, membaca buku adalah pilihan yang tepat. Oleh karena itu, menyiapkan berbagai bacaan bisa menjadi aktivitas penghilang rasa bosan. Tidak perlu khawatir harus meminjam buku kemana, Anda bisa mengunduh buku digital dari gawai yang ada di tangan Anda sekarang.

Siapkan game dan film

Selain membaca, bermain game di ponsel juga bisa menjadi jurus untuk mengusir rasa bosan. Namun jika bosan, Anda bisa melakukan aktivitas lain, seperti menonton film misalnya. Namun pastikan suara dari gawai Anda tidak mengganggu sekitar yang sedang melakukan ritual Catur Brata Penyepian.

Hindari aktivitas yang menyebabkan bising dan mengganggu sekitar

Pada prinsipnya, Nyepi adalah gerakan pemurnian untuk mendapatkan kesejahteraan lahir dan batin dalam keheningan. Saat Nyepi tiap orang tidak boleh menghidupkan lampu, tidak bekerja, tidak berpergian, dan tidak melakukan aktivitas demi hiburan dan kesenangan. Menjaga keheningan saat Nyepi adalah salah satu cara menghormati penduduk sekitar yang sedang melaksanakan ritual Catur Brata Penyepian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.