Sukses

Aturan Mengelola Keuangan Bagi Wanita Single

Liputan6.com, Jakarta Wanita single benar-benar berjuang dengan beberapa hal, seperti mengelola keuangan. Mungkin Anda pernah mendengar hal ini sebelumnya, bahwa kekuatan terbesar datang ketika Anda bisa mengendalikan keuangan diri sendiri.

Faktanya, mengelola keuangan bisa menjadi hal yang sangat membosankan, namun juga sangat penting, terutama bagi seorang wanita single. Menurut data, lebih dari sepertiga wanita di Amerika Serikat memilih hidup melajang, baik karena keadaan ataupun pilihan.

Kebanyakan wanita seringkali mencari pasangan yang ideal, dalam arti memberikan rasa aman, baik emosional maupun finansial. Sebagai seorang wanita single, Anda memiliki kebebasan total tentang kehidupan finansial, seperti dilansir dari sheknows.com, Minggu (4/3/2018).

Bukan berarti tidak ada kekurangan, Anda tidak memiliki pendapat kedua, seseorang untuk berbagi tujuan, dan membantu mendukung hal tersebut. Pola pikir tunggal cukup mengkhawatirkan, karena wanita single biasanya tidak menabung dan berinvestasi.

Tahukah Anda bahwa 50% pria memiliki lebih banyak uang yang disimpan untuk masa pensiun daripada kaum wanita. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk megelola keuangan sebagai seorang wanita single.

 

 

2 dari 3 halaman

Tips mengelola keuangan bagi wanita single

1. Siapkan rencana B, sebuah rekening untuk situasi darurat

Setiap orang pasti mengalami masa sulit, seperti penyakit atau kehilangan pekerjaan. Karena Anda tidak memiliki orang lain, penting untuk menabung biaya kehidupan setidaknya selama enam bulan ke depan.

2. Jangan biarkan hutang menenggelamkan Anda

Membayar hutang mungkin adalah hal yang penting. Pertama, bayar hutang yang berbunga tinggi, seperti kartu kredit, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan Anda.

3 dari 3 halaman

Tips mengelola keuangan bagi wanita single

3. Investasi untuk masa pensiun

Seorang wanita single harus mengandalkan sumber daya mereka sendiri dan tidak bisa mengklaim pendapatan orang lain. Pastikan Anda memanfaatkan pendapatan diri sendiri dengan sebaik-baiknya, seperti investasi.

4. Anda juga butuh rencana A

Anda membutuhkan seorang penasihat untuk membicarakan segala hal yang dimiliki. Hal ini akan cukup membantu seorang wanita single mengetahui apakah dirinya masih di dalam jalur atau ada hal lain yang bisa membuat kehidupannya lebih baik lagi.

Cegah Corona, Begini Cara Sterilkan Pesawat dengan Sinar UV