Sukses

Ayo Berpetualang ke Gunung Kelud Sambil Nikmati Durian Slumbung

Liputan6.com, Jakarta Kediri bukan hanya identik dengan tembakau, kota kecil di Jawa Timur ini ternyata juga punya beragam destinasi wisata menarik yang belum banyak diketahui wisatawan. Sebut saja yang kini mulai digemari para traveler milenial, yaitu wisata off road di lereng Gunung Kelud menggunakan jeep adventure.

Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp5.000 untuk hari kerja dan Rp10.000 untuk akhir pekan, wisatawan sudah bisa menikmati petualangan alam dan menyewa jeep adventure dengan tarif mulai Rp275 ribu untuk empat orang. Jeep ini siap mengantar Anda menjelajahi bentangan alam Gunung Kelud hingga sampai ke puncaknya.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Daya Tarik Gunung Kelud

Daya tarik Gunung Kelud yang memiliki ketinggian 1.731 meter dpml, sebagai salah satu gunung berapi yang masih aktif tercatat sudah berapa kali mengalami erupsi, tidak kurang dari 20 kali. Erupsi terakhir terjadi pada 2014 yang lalu dengan memuntahkan lahar dingin dan mengalir ke berbagai lokasi, kini menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Menurut Eko Priatno, arkeolog dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kediri, jika ditarik menggunakan garis imajiner antara tiga puncak gunung; yaitu Kelud; Gajang Mungkur, dan Sumbing, inilah ketinggian Gunung Kelud yang sesungguhnya.

“Dalam manuskrip Pararaton, dipercaya dari Puncak Kelud dapat terlihat Pantai Selatan,” kata Eko Priatno. Pantai Selatan dalam budaya Jawa mempunyai kekuatan mistik sebagai kerajaan Nyi Loro Kidul.

3 dari 3 halaman

Mampir ke Taman Durian

Sambil menikmati keindahan lereng gunung Kelud, wisatawan juga bisa mampir ke Taman Durian dan mengunjungi Taman Agrowisata yang punya koleksi beragam bunga dan tanaman langka yang dirawat dengan baik. Di Taman Durian, Anda bisa menikmati beragam kuliner olahan durian.

Safuan, Kepala Pengelola Kampung Durian Slumbung menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (8/2/2018) mengatakan, Taman Durian memang tempat wisata yang disiapkan sebagai lokasi wisata kuliner sekaligus ruang edukasi bagi para penikmat durian.

“Di tempat ini wisatawan bisa belajar cara pembibitan, menanam, hingga merawat pohon durian dengan baik. Kami juga jual bibit durian unggul asli Slumbung,” ungkap Safuan.

 

Loading