Sukses

Nikmatnya Nasi Ikan Arsik, Kuliner Khas Sumatera Utara

Liputan6.com, Jakarta Kuliner khas Sumater Utara merupakan salah satu kekayaan menu makanan yang dimiliki Indonesia. Jika biasanya Anda terbiasa mendengar bika Ambon atau bolu gulung, ternyata Sumatera Utara juga memiliki satu kekayaan kuliner yang jarang diketahui masyarakat luas yaitu ikan arsik.

Menu nasi ikan arsik ini merupakan kari ikan khas Sumatera Utara yang kaya akan cita rasa Nusantara. Menu ini yang diangkat oleh penerbangan Citilink sebagai menu kuliner yang disediakan untuk para penumpangnya.

"Kami ini mempromosikan kuliner khas Nusantara lewat menu makanan yang disediakan pada penerbangan. Salah satunya menu ikan arsik dari Sumatera Utara yang terbaru," kata Benny Rustanto Vice President Cargo & Ancillary Revenue Citilink saat konferensi pers pada Kamis (25/1/2018) di Menara Citicon Jakarta.

Pemilihan Nasi Ikan Arsik Sibolga sebagai menu rekomendasi Citilink Indonesia merupakan salah satu bentuk dukungan maskapai penerbangan ini dalam mempromosikan kuliner khas Sumatera Utara yang menjadi salah satu destinasi wisata prioritas Pemerintah Indonesia. Ikan arsik merupakan hidangan tradisional khas Sumatera Utara yang disajikan di setiap acara spesial.

 

 

 

1 dari 3 halaman

Proses memasak Nasi Ikan Arsik

Yusuf Mubarok, Executive Manager Menu Development dari Acs yang menaungi Garuda dan Citilink mengungkapkan menu kuliner nasi ikan arsik ini dibuat secara khusus untuk penumpang Citilink. Jika biasanya ikan arsik dibuat oleh masyarakat Sumatera Utara menggunakan ikan emas, Citilink menggantinya dengan ikan Dori untuk meminimalisir tulang pada ikan.

"Ikan kita ganti jadi ikan dori karena ikan emas masih memiliki banyak tulang. Hal ini untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan. Sementara untuk bumbu yang digunakan persis mirip dengan aslinya dari Sibolga, cuma ada beberapa bumbu yang diganti karena sulit menemukannya di sini," kata Yusuf Mubarok.

Memasak ikan arsik juga menggunakan bumbu otentik dari Sumatera utara seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan andaliman. Namun karena sulit menemukan andaliman, pihak Citilink menggantinya dengan asam jawa. Proses memasak ikan di marinasi sebelum dimasukkan ke dalam oven secara masal. Sekilas ikan arsi ini terlihat seperti ikan kari.

2 dari 3 halaman

Menu kuliner nusantara di atas 30 ribu kaki

Selain nasi ikan arsik terdapat beberapa menu kuliner nusantara lainnya yang dihadirkan Citilink yaitu Nasi Campur Bali, Nasi Kuning Cakalang Manado, dan Nasi Ayam Tangkap Aceh. Peluncuran sejumlah menu baru memberikan pengalaman baru bagi Anda untuk menikmati citarasa kelezatan kuliner nusantara dari atas ketinggian 30 ribu kaki.

“Dengan menambahkan beragam referensi menu mulai dari kuliner nusantara hingga kids menu dan vegetarian menu diharapkan mampu meningkatkan customer experience serta memberikan pengalaman kualitas makanan bintang lima ketika terbang bersama dengan Citilink Indonesia,” tutup Benny.

 

Artikel Selanjutnya
Konro Bakar, Kuliner yang Bikin Kangen Makassar Saat Ramadan
Artikel Selanjutnya
Jurus Kemenpar Bikin Industri Kuliner Indonesia Makin Go International