Sukses

7 Trik Pertahanan yang Bisa Anda Tiru dari Film Action

Liputan6.com, Jakarta Segala sesuatu bisa terjadi dalam hidup kita. Mungkin Anda pernah mendapati diri Anda layaknya sedang bermain di film action. Anda takkan pernah menduga mana bagian terbaik dan terburuk dari film tersebut yang bisa saja terjadi dari dalam hidup ini. Namun jika sesuatu yang buruk benar-benar terjadi dalam hidup Anda, sebaiknya Anda siap dengan segala trik yang dilakukan di dalam film action.

Dikutip dari Brightside.me pada kamis (14/12/2017), terdapat beragam trik yang bisa Anda tiru untuk membantu Anda keluar dari kondisi terburuk dalam kehidupan. Apa saja itu? Simak rangkumannya berikut ini!

1. Melepaskan diri dari borgol

Bukan tidak mungkin jika suatu saat Anda akan diculik atau ditahan dengan kondisi tangan Anda diborgol. Anda bisa menggunakan korek api untuk membuka borgol. Sebenarnya Anda bisa menggunakan benda lain yang memiliki pola sama dengan lubang samping pada borgol Anda. Dengan meletakkan benda yang berpola sama, akan membuka borgol Anda.

2. Menyembunyikan barang berharga

Jika Anda memiliki setumpuk uang atau dokumen berharga yang perlu Anda sembuyikan, Anda hanya membutuhkan kursi, palu, beberapa paku, dan karet gelang. Dengan beberapa benda tersebut, Anda bisa menyembunyikan uang atau dokumen penting Anda di balik kursi. Caranya, balikkan kursi ke atas. Pasang paku membentuk persegi panjang atau seukuran dengan dokumen yang ingin disembunyikan. Paku dipaku dalam kondisi sedikit menekuk. Kemudian, tarik karet gelang hingga membentuk pola sarang laba-laba. Letakkan uang atau dokumen penting Anda di bawah karet gelang tersebut.

1 dari 3 halaman

7 Trik Pertahanan yang Bisa Anda Tiru dari Film Action

 

3. Mengirim pesan rahasia

Ilustrasi bocoran informasi rahasia (iStock)

Jika Anda dalam posisi terjepit dan Anda butuh mengirimkan pesan kepada seseorang secara rahasia. Anda hanya memerlukan secarik kertas kosong, krayon putih, dan spidol. Tuliskan pesan Anda di atas kertas dengan krayon putih. Ini akan membuat pesan Anda tidak akan terlihat. Namun jika seseorang perlu membacanya, mereka bisa mewarnai pesan Anda dengan spidol Anda. Cara lainnya adalah Anda bisa menggunakan jus lemon dan baking soda untuk menciptakan tinta tak terlihat.

4. Melepaskan diri dari ikatan kabel tis

Kabel tis merupakan tali dari plastik yang memiliki kunci di bagian ujung. Jika sekali Anda memasukkan ujung lainnya ke dalam kunci di bagian ujung tersebut. Sehingga sering digunakan untuk memborgol sandera jika tidak ditemukan borgol besi. Jika Anda terborgol dengan kabel tis, angkat tangan Anda di atas kepala, lalu lepaskan segera dengan membuka lengan Anda secara bersamaan. Ini akan terasa sangat sakit di lengan Anda namun cukup ampuh untuk melepaskan diri Anda.

5. Memasang monitor pintu

Di film action, Anda sering menemukan adegan mata-mata yang mengintip kamar buruannya. Hal ini juga bisa terjadi pada Anda jika ada orang jahat yang mengintai Anda. Anda bisa gunakan CCTV untuk melakukan pengawasan.Namun jika Anda tidak mewakili gadget yang mendukung CCTV di kamar Anda, Anda bisa gunakan sepotong tali yang diselipkan di atas pintu. Ketika seseorang membuka atau menutup pintu kamar Anda, tali itu akan mengganjal pintu.

2 dari 3 halaman

7 Trik Survive yang Bisa Anda Tiru dari Film Action

6. Buat kode pesan

Kode Rahasia (instagram/tomelay)

Jika Anda perlu untuk mengirimkan pesan melalui kode tertentu, Anda bisa gunakan metode cerminan sederhana. Di mana 26 alfabet yang saat ini digunakan dibagi 2. Buat urutan A-M dalam 1 barisan, kemudian N-Z dalam 1 barisan di bawahnya. Anda bisa gunakan pola ini secara terbalik ketika menulis pesan. Misalnya, kata "Halo", dengan pola cerminan sederhana ini akan menjadi "uryyb".

7. Membuat korek api tetap kering

Ketika Anda melakukan pendakian, Anda kan merasakan kelembapan ekstra di mana akan membuat beberapa barang Anda menjadi basah. Bahkan korek kapi kayu yang Anda bawa akan menjadi basah. Akibatnya, Anda tidak bisa membakarnya. Padahal Anda membutuhkannya untuk menyalakan api unggun guna menghangatkan badan. Untuk menjaga korek api kayu tetap kering, Anda bisa mencelupkan ujung korek api kayu yang menjadi sumbu api ke dalam cat kuku. Ini akan membantu ujung korek api tersebut tetap kering meski dalam kondisi cuaca yang lembab.