Sukses

Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ketika Memasak Nasi

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin memilih memasak nasi menggunakan ricecooker daripada memasaknya secara manual dengan pancir di atas kompor. Ricecooker dinilai lebih praktis karena Anda tidak perlu menunggu di depan kompor sampai nasi matang. Ricecooker akan secara otomatis memasak beras Anda menjadi nasi dengan waktu yang sudah diatur dengan sendirinya. Namun belajar untuk memasak nasi menggunakan panci tidak ada salahnya. Anda juga mengatur tingkat kelembutan nasi yang Anda inginkan.

Bahkan Anda bisa mengatur kelembutan nasi berdasarkan jenis beras yang digunakan tanpa perlu repot membolak-balikkan nasi. Sehingga bisa disesuaikan dengan jenis masakan nasi yang ingin Anda buat. Entah itu dibuat nasi goreng atau risotto. 

Melansir realsimple pada Selasa (12/12/2017), kelembutan bukan hanya ditentukan dengan memilih jenis beras dan mengatur waktu penanakan nasi yang tepat. Melainkan juga teknik yang digunakan ketika menanak nasi. Kesalahan terbesar yang dilakukan banyak orang saat memasak nasi adalah menggabungkan beras dengan air di dalam panci. Ini akan menghasilkan nasi yang basah dan berbuih. Membuat nasi lebih cepat basi.

Simak video berikut ini!

1 dari 2 halaman

Gunakan teknik ini ketika memasak

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cara ini. Beras yang akan Anda masak perlu disangrai hingga agak kering di panci. Anda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun agar beras Anda tidak gosong. kemudian ditambahkan air mendidih. Tutup panci Anda dan kurangi sedikit tingkat panas. Biarkan mendidih hingga air terserap semua oleh beras sekitar 30 menit. Jangan membuka tutup panci Anda atau aduk sembari nasi dimasak. Setelah 30 menit, matikan api kompor Anda. Tutup panci jangan dibuka terlebih dahulu. Biarkan nasi mengukus sendiri selama 10 hingga 15 menit lagi.

Jika Anda memasak nasi di oven, panggang nasi di loyang kecil dengan suhu 190 deraja celsius.Tambahkan air kemudian tutup loyang dengan alumunium foil. Masak sampai semua airnya terserap.

Artikel Selanjutnya
Alasan Kenapa Susah Kenyang jika Belum Makan Nasi, Ini Penjelasan Ahli
Artikel Selanjutnya
Jurus Ampuh Atasi Mual dan Muntah di Awal Kehamilan