Sukses

Menpar Arief Yahya Terpukau akan Keindahan Taman Ayu Gianyar

Ke Taman Ayu, Menpar Arief Yahya Cicipi Kopi Luwak

Liputan6.com, Gianyar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tertegun lama menapaki Taman Ayu, Singapadu, Gianyar, Bali. Selain, karena hobinya berpetualang di alam, mendaki gunung, dan trekking di kebun, ia juga terpana dengan keindahannya.

Suasananya sejuk, menusuk hingga batas kulit ari. Gemericikan air di kolam menambah kental nuansa alam di taman seluas 5 hektare itu. Sungai besar yang tenang mengalir di bawah dan Pura Beiji di bibirnya memperkuat cita rasa Bali, sebagai destinasi nomor wahid dunia versi TripAdvisor 2017.

“Tempat ini bagus, luas, pohon-pohon langka tertata rapi,” ujar Arief, di sudut gazebo Taman Ayu.

Beberapa musang atau luwak menjadi pemandangan asyik. Selain itu, di Taman Ayu, ada 12 produk minuman herbal alami yang disajikan, mulai dari Kopi Kintamani, Kopi Ginseng, Kopi Luwak, Kopi Rosella, Kulit Manggis, hingga Cokelat. Semua bahan itu diambil dari tanah Bali.

“Silakan datang ke tempat ini, kapasitas parkirnya bisa 10-20 bus, tidak kelihatan besar dari luar, tetapi jika masuk, seperti kantung semar. Besar dan luas di bagiam dalam,” ucap Arief.

Atraksi lain, ada proses pembuatan kopi, mulai dari luwak dijemur, lalu di goreng (sangrai) atau roasting tanpa minyak hingga biji kopinya berwarna coklat. Di Taman Ayu memang ada tempat menggoreng dengan api dari kayu bakar.

“Ini atraksi bagus, edukatif, dan bisa dilihat langsung,” kata Arief.

Kedatangan Arief disambut pemilik Taman Ayu, I Wayan Ramantha, bersama anaknya, Komang.

“Dulu cerita soal Taman Ayu ini, dulu ibu saya sakit, lalu bapak saya membuat taman seperti ini, sekaligus untuk penyembuhan,” ujar Komang.

Di Taman Ayu terdapat 18 kamar, kolam renang, meeting points, Taman Ayu Shop, gazebo, dan tempat nongkrong dengan lapangan parkir yang luas.

Sebelumnya, Arief juga berdialog dengan General Manager Inaya Putri Hotel di Nusa Dua, Bali, Mantra. Menurutnya, okupansi hotelnya masih naik 87 persen dari tahun lalu. “Wisman dan wisnus masih oke, nyaman berada di Bali,” ucap Mantra.

Dalam kunjungannya, Arief didampingi Deputi BPDIP, Dadang R. Ratman, Staf Khusus Bidang Komunikasi, Don Kardono, Staf Khusus bidang Aksesibilitas Udara, Judi Rifajantoro, dan Staf Khusus bidang IT, Samsriyono, Ketua GIPI dan sekaligus Wakil Ketua Bali Tourism Hospitality, Ida Bagus Partha, Ketua Umum DPD Putri, I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, serta Ketua STP Nusa Dua Bali, Byomantara.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini