Sukses

Video Pariwisata Indonesia Juara Umum di UNWTO

Video pariwisata Indonesia menjadi juara umum dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, lembaga PBB untuk pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey to a Wonderful World akhirnya juara dunia. Dua kategori diborong tuntas, dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata. Diumumkan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, penghargaan itu diterima langsung oleh Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya matanya sempat berkaca-kaca saat dirinya dipanggul untuk kedua kalinya ke atas mimba. Agak lama dia terdiam, tidak banyak berkata-kata yang terucap dari bibirnya. Hanya satu frasa, "Membanggakan!" ucap Arief Yahya singkat, sambil memegang bendera Merah Putih.

Yang membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya bangga adalah karena Indonesia juara dalam dua kategori langsung, yaitu Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People's Choice Award 2017.

Selain itu, dua penghargaan ini merupakan pertama kali dalam sejarah kompetisi video pariwisata UNWTO. Hanya Indonesia, satu-satunya negara yang mencatat sejarah, mendapatkan juara kedua-duanya. Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan.

"Ini surprise buat kita! Kami tidak menyangka di kategori ini juara, pesaing di Asia Timur dan Pasifik itu, bagus-bagus. Kalau di media sosial, video-video pendek 30 detik yang diviralkan Selandia Baru, Australia, Korea, Jepang itu bagus-bagus. Video kita sudah lolos dari juri UNWTO yang standar dunia," kata Arief Yahya.

Untuk kategori People’s Choice yang pemenannya ditentukan melalui e-voting, Arief Yahya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang turut mengajak masyarakat Indonesia untuk memilih hingga akhirnya juara.

Video Wonderful Indonesia: The Journey to a Wonderful World sendiri memang diakui memiliki sinematografi dan teknik pengambilan gambar yang bagus. Destinasi yang diekspose dalam video tersebut antara lain Jakarta, Wakatobi, Raja Ampat, Sumatera utara, Lombok, Makassar, dan Banyuwangi. Soundtracknya video menampilkan musik kelas dunia melalui lagu What A Wonderful World oleh Louis Armstrong.

Arief Yahya meyakini kemenangan ini bisa menjadi branding yang kuat pada pariwisata Indonesia. "Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara ekaternal memperkuat Credibility. Dan sudah lolos dari Calibration melalui global standar atau kriteria yang berkelas dunia," ungkap Arief yahya.

Berikut video Wonderful Indonesia: The Journey to a Wonderful World

Hasil Lengkap

Juara Hasil Voting terbanyak: Indonesia (People’s Choice Award)
Juara video terbaik Regional:
1. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Africa - Tunisia.
2. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Americas - Chili.
3. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for East Asia and the Pacific - Indonesia.
4. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Europe - Swiss.
5. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Middle East - Mesir.
6. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for South Asia - Bhutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.