Sukses

SilkAir Alihkan Rute Penerbangan Kuching dan Palembang ke Scoot

Scoot merupakan maskapai bertarif rendah yang berada dalam naungan Singapore Airlines Group.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan regional Singapore Airlines, SilkAir, akan mengalihkan layanan rute penerbangan Singapura – Kucing (Malaysia) dan Singapura – Palembang (Indonesia) ke Scoot, maskapai bertarif rendah yang juga anak perusahaan milik Singapore Airlines, masing-masing mulai tanggal 29 Oktober 2017 dan 23 Nopember 2017. Menurut jadwal, SilkAir melayani rute penerbangan tiga kali seminggu ke Palembang.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Rabu (26/7/2017), layanan Scoot untuk kedua rute ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan armada Singapore Airlines Group, sekaligus memenuhi permintaan para pelanggan. Bahkan dalwam waktu dekat, Scoot dijadwalkan sudah mulai menjual tiket untuk rute Palembang pada Oktober mendatang.

Foo Chai Woo, Chief Executive SilkAir mengatakan, "Pengalihan layanan rute penerbangan tujuan Kuching dan Palembang ke Scoot dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan sumber daya SIA Group dan juga untuk memenuhi kapasitas demi memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih baik.”

Meski ada pengalihan layanan rute ini, SilkAir tetap beroperasi untuk melayani 11 rute tujuan Indonesia, yaitu Balikpapan, Bandung, Bali, Lombok, Makassar, Manado, medan, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Di samping pengembangan layanan penerbangan, pada bulan Mei, SilkAir juga mengumumkan untuk membuka rute baru ke Hiroshima sebagai rute penerbangan berjadwal pertama ke Jepang (sementara menunggu persetujuan akhir dari regulator) yang akan dijadwalkan mulai beroperasi pada tanggal 30 Oktober 2017. Silk Air juga akan Halaman 2 dari 3 meningkatkan frekuensi layanan penerbangan ke beberapa tujuan lainnya, seperti Cairns, Kathmandu, Yangon dan Penang dari tanggal 29 Oktober 2017.

CEO Scoot, Lee Lik Hsin, mengatakan, "Malaysia dan Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Scoot, dan kami senang dapat memperluas layanan kami di kedua negara ini. Kuching dan Palembang akan melengkapi destinasi layanan penerbangan Scoot di Asia Tenggara untuk menjadi lebih kuat dan kami sangat menantikan untuk berbagi pengalaman penerbangan kepada lebih banyak pelanggan.
Kedua rute penerbangan ini sangat menarik bagi para wisatawan yang ingin berlibur, Kuching yang terkenal dengan keindahan alam dan suasana pedesaannya, dan Palembang, sebagai kota yang kaya akan sejarah serta tuan rumah bagi hidangan kuliner lokal yang lezat.”

Penambahan rute Kuching dan Palembang ke dalam layanan penerbangan Scoot akan meningkatkan jumlah destinasi penerbangan Scoot ke Malaysia menjadi enam, dan empat untuk Indonesia. Saat ini, kota tujuan yang dilayani Scoot di Malaysia meliputi, Ipoh, Kuala Lumpur, Langkawi, Penang dan Kuantan, yang akan mulai beroperasi pada bulan Februari 2018; sedangkan kota tujuan yang dilayani Scoot di Indonesia meliputi Denpasar (Bali), Jakarta dan Surabaya.

SilkAir akan membantu para pelanggan yang telah membeli tiket untuk rute penerbangan Kuching dari tanggal 29 Oktober sampai seterusnya dengan memberikan pilihan untuk mengubah destinasi penerbangan mereka ke destinasi SilkAir yang lain di Malaysia atau tetap melanjutkan perjalanan mereka ke Kuching dengan menggunakan layanan penerbangan Scoot. Sebagai alternatif, pelanggan juga dapat memilih pengembalian biaya tiket secara penuh. Opsi yang sama juga berlaku untuk pelanggan yang telah memesan tiket rute penerbangan tujuan Palembang dari tanggal 23 Nopember.

Seluruh biaya administrasi dan denda akan ditiadakan bagi pelanggan yang telah membeli tiket sebelum hari ini. Hal ini juga berlaku bagi penukaran tiket KrisFlyer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.