Sukses

5 Kebiasaan Era Teknologi Digital yang Bisa Bikin Boros

Siasati 5 kebiasaan di era teknologi digital agar Anda terhindar dari hidup boros.

Liputan6.com, Jakarta Secara alamiah, manusia memang selalu berupaya menciptakan berbagai cara demi mempermudah aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah lewat teknologi.

Oleh karena itu, beruntung kita hidup di era digital seperti sekarang. Teknologi sudah berkembang sedemikian pesat sehingga mampu memberikan berbagai kemudahan di tiap lini kehidupan.

Sebut saja, mulai dari belanja, traveling, menabung, sampai investasi bisa dilakukan secara online. Tak buang tenaga, waktu, dan uang, kan?

Tapi jangan salah, menurut DuitPintar.com, seluruh kemudahan dan keuntungan ini juga bisa jadi bumerang dan malah membuat kita boros kalau kita memelihara lima kebiasaan berikut.

1. Maniak games
Main game memang bisa menjadi salah satu pilihan untuk melepaskan diri dari rasa jenuh dan penat setelah beraktivitas rutin. Kalau sekadar hobi atau hiburan, hal tersebut sah saja. Tapi kalau sudah kecanduan dan masuk kategori maniak? Siap-siap saja kantong terkuras.

 

Solusinya: wajib tegas kepada diri sendiri untuk tidak impulsif dan sesuaikan dengan kemampuan finansial. Kalau memang ingin membeli game atau alat gaming baru, menabung saja dulu. Siapa tahu jadi berubah pikiran dan uang jadi aman, kan?

2. Main Internet tak kenal waktu
Zaman sekarang, siapa yang tidak suka main Internet? Dari anak kecil sampai lansia, semua tidak mau ketinggalan. Apalagi sejak ada media sosial dan membanjirnya aplikasi pertemanan.

Kebiasaan internetan tanpa mengenal waktu seperti ini, tanpa disadari bisa menghabiskan uang Anda. Akses Internet pasti butuh kuota, dan kuota itu pasti dibeli pakai uang.

Solusinya: sebisa mungkin, akses internet hanya di tempat yang menyediakan WiFi gratis. Hal lain yang bisa dilakukan adalah pilih provider telepon selular yang tarifnya paling bersahabat dengan isi kantong. Selain itu mulai kurangi intensitas browsing internet yang kurang perlu.

3. Kecanduan membeli gadget terbaru


Buat pencinta gadget, pasti paling gatal dan lapar mata jika lihat iklan gadget terkini atau ada teman yang beli gadget terbaru. Rasanya tidak mau kalah ingin ikutan beli. Padahal sekarang produsen gadget itu cepat sekali mengeluarkan produk terbaru.

Solusinya: sadari dulu kebutuhan pribadi. Kalau tidak butuh yang teknologi fitur terlalu canggih tak perlu memaksakan beli gadget terkini dengan harga mahal.

4. Keranjingan belanja online
Zaman sekarang segalanya serba canggih dan mudah, termasuk untuk urusan belanja. Kalau tidak ada waktu untuk keluar rumah, tinggal belanja saja di toko online. Barang pun dikirim dalam waktu singkat. Kalau serba mudah dan cepat begini, siapa yang tidak ketagihan?

 

Solusinya: kalau sudah tahu kecanduan, sebisa mungkin hindari online shop. Kurangi mengunjungi website toko online ini dan matikan notifikasi promo yang sering muncul tiba-tiba di layar gadget atau komputer Anda. Kunjungi online shop kalau ada yang dibutuhkan saja dan jangan klik iklan-iklan promo.

5. Malas beli makanan dan hobi delivery
Satu lagi kemudahan yang ditawarkan zaman sekarang adalah banyaknya jasa delivery makanan via internet. Buat para pekerja yang sibuk dan jadwalnya padat, keberadaan jasa yang satu ini pasti sangat membantu. Tapi, kalau buat kita yang tidak terlalu sibuk, coba jangan sampai keseringan.

Solusinya: coba mulai biasakan berbelanja bahan makanan dan masak sendiri. Pasti akan lebih hemat. Selain itu kita jadi tahu harga-harga makanan dan punya nilai lebih dalam hal memasak. Pilihan lain, jangan malas bergerak! Keluar rumah atau kantor lalu jalan kaki untuk beli makanan bisa membuat Anda makin sehat.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.