Sukses

Larangan Dicabut, Atlet Basket Muslim Diizinkan Pakai Hijab

Federation International Basketball Association mencabut larangan atlet basket memakai hijab setelah 2,5 tahun peraturan berjalan

Liputan6.com, Jakarta Hijab dan olahraga kini semakin tak berjarak. Atlet muslim pun akan dapat bebas memakai hijab saat bermain basket.

Salah satunya langkah Federation International Basketball Association (FIBA) akan mencabut peraturan pemain basket tidak boleh mengenakan aksesori di kepala. Sebelumnya, FIBA melarang pemain memakai aksesori kepala karena dapat membahayakan pemain lainnya.

Dilansir dari Buzzfeed, Kamis (4/5/2017), FIBA menyatakan, kepemimpinan pusat menyetujui proposal dari komisi teknis soal peraturan baru untuk para atlet basket. Peraturan itu menyebutkan, para atlet boleh mengenakan aksesori kepala.

"Peraturan baru itu bertujuan untuk meminimalisasi risiko cidera para pemain. Selain itu pula mempertahankan konsistensi dari warna seragam," tulis FIBA.

Jilbab dan olahraga kini semakin tak berjarak. Atlet muslim pun akan dapat mengenakan jilbab saat bermain basket. (Vimeo / Screengrab)

Keputusan yang telah lama ditunggu itu rencananya akan diresmikan pada akhir pekan ini. Jika terealisasi, butuh waktu dua setengah tahun setelah FIBA mengeluarkan peraturan yang melarang pemain mengenakan aksesori di kepala, termasuk hijab.

Tepatnya pada September 2014 lalu, FIBA mengatakan, pemain tidak diperkenankan memakai peralatan yang dapat membahayakan pemain lain. Peralatan yang dimaksud yakni perlengkapan di kepala, aksesori rambut, dan perhiasan.

Karena ada perubahan penting, maka pengurus FIBA akan mencari ratifikasi dari kongres yang akan berlangsung tengah semester ini. Sehingga peraturan baru tersebut akan berlaku pada 1 Oktober 2017.

Selama dua tahun belakangan, ada lonjakan jumlah atlet muslim wanita untuk olahraga basket. Untuk membuat FIBA memperbolehkan mereka mengenakan hijab saat bertanding, para atlet membuat petisi di Change.org. Petisi itu mendapatkan respons cukup baik, yakni 132.444 sejauh ini. Ditambah lagi tagar yang cukup fenomenal yakni #FIBAllowHijab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.