Sukses

4 Alasan Mengapa Anda Perlu Traveling Seorang Diri

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sering traveling bersama keluarga atau teman tentu Anda memiliki alasan mengapa harus berlibur bersama mereka. Selain alasan keamanan, banyak juga keuntungan yang Anda dapatkan saat Anda berlibur dengan orang yang Anda kenal dengan baik.

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk traveling seorang diri? Mungkin traveling seorang diri bagi Anda tak pernah terpikir, selain kurang aman, belum tentu orang-orang terdekat Anda mengizinkan Anda untuk traveling seorang diri.

Jika Anda masih ragu untuk melakukan solo traveling, mungkin 4 alasan ini meyakinkan Anda.

foto: www.dwibalitours.com

 

Merasakan kebebasan

Anda akan merasakan kebebasan yang sebebas-bebasnya saat liburan sendiri, bagaimana tidak? Anda bebas menentukan Anda akan kemana, makan apa, atau apa yang Anda lakukan saat semua orang yang Anda kenal tidak berada di dekat Anda. Berbeda dengan saat traveling bersama kelompok yang segala sesuatunya harus ditentukan oleh keinginan kelompok yang kadang tidak sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Membangun kepercayaan diri

Saat berlibur seorang diri tentu saja Anda harus mencari informasi tentang tempat dimana Anda berlibur kepada orang asing, mungkin itu tak akan terjadi sekali atau dua kali tapi akan terjadi setiap saat apalagi jika Anda terus berpindah-pindah saat traveling. Tak hanya itu, jika Anda kesulitan juga tentu saja Anda akan meminta bantuan seseorang untuk menolong Anda. Dan akhirnya itu semua akan membangun kepercayaan diri Anda.

Banyak pelajaran yang bisa diambil

Ketika Anda berada pada zona nyaman, Anda cenderung terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan yang menjadikan pikiran Anda tidak mengetahui apa yang ada di luar zona nyaman Anda. Belajar untuk berpergian tanpa orang lain niscaya akan menguji sampai mana batas diri Anda. Mungkin Anda akan panik dan Anda merasa kesepian dan ketakutan saat sendiri. Namun, bila Anda mampu menghadapi ketakutan Anda dan terus menikmati perjalanan itu sendirian banyak yang akan Anda pelajari saat berada di perjalanan itu.

Mengetahui kelemahan diri

Traveling dalam kelompok mungkin kelemahan yang Anda punya akan tertutupi oleh teman kelompok Anda dan menjadikan Anda tidak tahu bahwa itu sebenarnya adalah kelemahan Anda. Saat sedang sendirian tentu saja Anda akan melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat Anda belajar sehingga Anda mengetahui bahwa itu adalah kelemahan Anda yang akan Anda jadikan bahan untuk introspeksi diri.

 

(Achmad Rully P)