Sukses

6 Tips Mengemas Barang Saat Naik Gunung

Mengemas barang dengan baik dan benar saat naik gunung sangat diperlukan untuk memudahkan Anda dalam perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta Naik gunung saat ini sudah menjadi salah satu cara liburan yang banyak dilakukan banyak orang, tak hanya pecinta alam, orang yang belum pernah menaiki gunung sebelumnya pun ingin mencoba naik gunung.

Saat naik gunung banyak barang yang harus dibawa seperti pakaian ganti, jaket, masker dan masih banyak lagi barang pribadi yang harus dibawa. Tidak hanya itu, Anda juga harus membawa barang-barang yang diperuntukkan untuk orang banyak seperti makanan, kompor, tenda, dan sebagainya.

Jika Anda belum pernah naik gunung sebelumnya, maka perlu Anda ketahui bahwa naik gunung adalah perjalanan jauh yang menanjak, jadi Anda jangan memaksakan membawa barang-barang yang justru akan membuat Anda kewalahan.

Berikut 6 tips mengemas barang saat naik gunung agar naik gunung lebih menjadi menyenangkan seperti disusun oleh Liputan6.com.

1. Ketahui kemampuan Anda

Foto: www.thehealthyveggie.com


Seperti yang sudah ditulis di atas, Anda harus mengetahui seberapa besar kemampuan anda, jangan memaksakan membawa banyak barang yang akhirnya membuat Anda tersiksa dan mempersulit teman di pendakian.

2. Buat daftar apa yang akan dibawa

Foto: huffingtonpost.com
Daftar ini akan berguna untuk mengetahui apa yang harus dibawa dan apa yang boleh ditinggalkan. Daftar ini akan memastikan Anda membawa semua barang penting yang dibutuhkan.

3. Gulung pakaian sekecil mungkin

Foto: life hack

Saat naik gunung, Anda mungkin tidak akan mandi, karena selain dingin mungkin sumber air hanya digunakan untuk minum saja. Namun, Anda harus mengganti pakaian.

Saat memasukkan pakaian ke dalam tas, pastikan untuk menggulungnya sekecil mungkin dan memasukkannya ke plastik es yang berfungsi agar pakaian tidak basah hujan menjaga agar gulungan pakaian tidak lepas.

4. Letakkan barang yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau

Foto: wiko.com


Barang-barang yang sering Anda ambil dari tas seperti handuk kecil, sapu tangan, obat-obatan harus anda letakkan di tempat yang mudah dijangkau seperti kantong-kantong kecil yang terdapat di tas.

5. Letakkan barang yang paling berat di paling atas

Foto: www.alibaba.com
Benda yang mempunyai berat yang paling besar di antara yang lain harus Anda letakkan paling atas karena membantu mengurangi beban dan memudahkan Anda jika Anda lelah dan ingin meminta tolong teman Anda untuk membawakan barang itu.

6. Bawalah tas kecil tambahan untuk meletakkan barang berharga

Foto: www.aliexpress.com

Tas kecil ini berfungsi untuk menaruh barang berharga seperti ponsel, kamera digital, dompet dan sebagainya. Selain mudah dibawa kemana-mana, Anda tak perlu membongkar seluruh tas saat ingin mengambil barang yang penting.

(Achmad Rully)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.