Sukses

6 Bahan Alami untuk Tingkatkan Khasiat Kopi

Liputan6.com, Jakarta Kopi sudah menjadi minuman yang hampir setiap hari di minum oleh sebagian orang Indonesia saat ini. Kopi bukan lagi hanya sekadar minuman, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup dan kebutuhan. 

Kopi juga memberikan banyak khasiat apabila diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan. Karena kopi sarat dengan kandungan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda bahwa terdapat bahan-bahan yang dapat dimasukkan ke dalam kopi untuk menambah khasiat kopi dan ini adalah di antaranya.

1. Kayu Manis

Foto: www.organiclifestylemagazine.com

Kayu manis dipercaya dapat mengatur gula darah, mengurangi kadar kolesterol dan mengandung cinnamaldehyde yang bisa menyeimbangkan hormon pada wanita dan memperbaiki kesuburan. Kayu manis juga memiliki asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini dapat mengurangi radang dan juga mencegah penggumpalan darah.

2. Jahe

 

Foto: www.salutebenessere.tv

Jahe kaya akan gingerols, kandungan kimia aktif yang memiliki banyak khasiat, antara lain sebagai peluruh dahak, memperbaiki pencernaan, penghangat badan, dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, metabolisme dan pencernaan juga semakin lancar, sehingga mempercepat pembakaran kalori dan mencegah perut buncit.

Kopi jahe sangat bagus untuk Anda yang akan melakukan perjalanan jauh. Kopi memberikan stamina tambahan dan membuat kita terus waspada akan keadaan sekitar, sementara jahe akan mengurangi rasa mual dan kembung dalam perjalanan, sehingga Anda merasa nyaman. Daripada anda mengkonsumsi obat-obatan anti mabuk, lebih baik kopi jahe bisa jadi pilihan lebih baik.

3. Madu

Foto: candidahub.com

Madu sejak dulu memang dikenal sebagai makanan yang berkhasiat bagi kesehatan. Madu yang merupakan hasil dari lebah bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa campuran madu dan air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kopi madu bermanfaat untuk menguatkan jantung dan mencegah serangan stroke karena kandungan mandu memperkuat otot jantung dan kopi memiliki efek melancarkan peredaran darah, kopi juga dapat melancarkan peredaran darah ke organ vital anda sehingga regenerasi sel menjadi lebih baik.

4. TelurFoto: www.wisegeek.com

 

Telur merupakan sumber protein yang tinggi, sumber vitamin yang penting dan masih banyak lagi khasiat dari telur.

Kopi telur sangat cocok untuk sarapan dimana kita membutuhkan stamina dan energi untuk memulai hari. Di Indonesia, resep kopi telur sudah menjadi resep turun temurun dari Padang dan diberi nama Kopi Talua. Minuman khas Padang ini biasanya disajikan saat bersantai sambil menikmati makanan ringan.

5. Mentega

Foto: www.meghantelpner.com

Mentega berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, obat untuk osteoporosis dan arthritis, terhindar dari penyakit kronis, pencegahan infeksi jamur, membangun sistem kekebalan tubuh, membantu diet sehat, dan masih banyak yang lainnya.

Kopi mentega sudah dikonsumsi di Ethiopia sejak dahulu, mentega dicampurkan sebagai ganti gula ataupun rempah-rempah. Di Indonesia sendiri resep kopi mentega mulai ramai dibicarakan orang sejak munculnya artikel tentang resep Bulletproof Coffee di media sosial. Bulletproof Coffee bisa Anda buat sendiri dengan mencampurkan kopi, butter unsalted dan minyak kelapa jenis MCT (medium-chain triglycherides).

6. Kunyit

Foto: listovative.com

Kunyit bermanfaat untuk membantu masalah pencernaan, mencegah penumpukan gas, mengatasi gangguan sembelit, mengatasi gangguan perut, dan masih banyak yang lainnya.

Kopi kunyit cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa kopi namun masih ingin merasakan khasiat dari kopi.

(Achmad Rully)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS