Sukses

Foto Kenangan Putri Diana yang Kembali Jadi Viral

Beberapa foto kenangan dari Putri Diana kembali menjadi pembicaraan banyak orang dan viral, seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Sebuah foto Putri Diana di tahun 1991 baru saja kembali muncul di sebuah situs internet dan telah dilihat sebanyak ribuan kali.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Selasa (19/7/2016), foto tersebut menampilkan Princess of Wales ini sedang membuat sebuah gerakan yang sampai sekarang dikenal dengan sebutan "Profound Gesture."

Profound Gesture adalah gerakan berjabat tangan dengan pasien penderita penyakit AIDS. Pada tahun 1980 sampai dengan pertengahan tahun 90-an, banyak stigma yang salah mengenai penyakit ini, sehingga banyak orang merasa takut untuk bersentuhan dengan pasien penyakit AIDS.

Momen ini diabadikan oleh seorang fotografer bernama Tim Graham saat Putri Diana berkunjung ke Casey House, sebuah rumah sakit bagi penderita AIDS di Toronto, Kanada.

Foto Putri Diana saat berkunjung ke Casey House di Toronto, Kanada. Sumber : goodhousekeeping.com

Foto tersebut bukan pertama kalinya Putri Diana menunjukkan kasih sayang dan perhatiannya bagi orang-orang yang mengidap penyakit mematikan. Pada 24 April 1991, ia mengunjungi sebuah asrama di Brasil untuk anak-anak terlantar, dan banyak di antara mereka yang juga menderita penyakit AIDS.

Foto Putri Diana saat berkunjung ke asrama anak-anak pengidap AIDS di Brasil. Sumber : goodhousekeeping.com

Pada Oktober 1996, Putri Diana juga melakukan kunjungan dan duduk di salah satu tempat tidur pasien di Lighthouse, London, tempat bagi orang-orang dengan penyakit AIDS.

Foto Putri Diana saat berkunjung ke Lighthouse di London. Sumber : goodhousekeeping.com

Sejak saat itu, Putri Diana menjadi salah satu tokoh publik pertama yang berani mencium seorang pasien dengan penyakit AIDS pada kunjungannya ke Rumah Sakit Mildmay, London di tahun 1989. Bahkan semua pekerja di sana mengatakan bahwa Putri Diana mampu membangkitkan semangat dari seorang pasien bernama Martin, seminggu sebelum kematiannya.

Pangeran Harry mengakui usaha ibunya untuk mengubah opini publik mengenai penyakit AIDS dengan penampilannya di beberapa rumah sakit tersebut. "Itu adalah usaha yang besar dan ia melakukannya dengan benar-benar tulus," papar Pangeran Harry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.