Sukses

Penat dengan Rutinitas? 3 Cara Sederhana Miliki Waktu Santai

Memiliki rutinitas yang padat berdampak pada kepenatan dan bisa jadi stres. Untuk memulihkannya, berikut 3 cara sedehana punya waktu santai.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang salah dengan memiliki waktu santai untuk merelaksasi dan menyegarkan pikiran serta jiwa di tengah rutinitas yang padat. Bahkan di saat Anda mungkin kini tengah menuntut diri untuk berkompetisi dengan orang-orang yang mampu multi-tasking sehingga membuat lelah, waktu bersantai sangat diperlukan.

Dengan waktu santai tersebut, Anda bisa lebih berkonsentrasi dan fokus mengerjakan satu hal sampai selesai. Selain itu,melalui beragam penelitian, waktu santai memiliki manfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja, mencegah rasa cemas timbul, serta menghilangkan stres.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memiliki waktu santai tanpa harus repot mengatur jadwal liburan ke tempat yang jauh. Seperti dilansir dari Success.com pada Senin (11/7/2016), Liputan6.com merangkum 3 hal sederhana yang bisa Anda lakukan agar memiliki waktu santai untuk meningkatkan fokus, konsentrasi, produktivitas, kreativitas, dan kebahagiaan.

1. Matikan peralatan elektronik

Salah satu sumber kepenatan dan kekacauan fokus Anda adalah perangkat elektronik, seperti ponsel, tablet, dan sejenisnya. Bahkan ketika tengah bekerja pun, pikiran Anda akan terbagi yang menyebabkan hilangnya konsentrasi karena teralihkan oleh aktivitas yang menunda-nunda pekerjaan. Kita mungkin terbiasa untuk selalu memeriksa atau membaca berita dari ponsel pintar sehingga tak ada waktu istirahat yang cukup. Salah satu cara sederhana untuk mengistirahatkan sejenak pikiran Anda dan bersantai adalah dengan mematikan peralatan elektronik yang biasa digunakan setiap saat, seperti ponsel.

2. Menarik nafas

Ketika seseorang diperhadapkan dengan suatu permasalahan di pekerjaannya, otak bekerja jauh lebih keras dari biasanya. Hal tersebut menyebabkan kelelahan otak yang berujung pada hilangnya konsentrasi atau bahkan stres. Padahal, otak membutuhkan oksigen yang cukup agar bisa bekerja dengan baik. Menarik nafas dalam-dalam setiap kali Anda mulai merasa penat dan stres mengalirkan oksigen ke otak sehingga kembali segar serta tenang.

3. Fokus

Hal ini mungkin bagian yang tak mudah dan tak sulit juga untuk dilakukan saat tengah bekerja. Namun, sebagian besar orang memiliki kecenderungan untuk teralihkan oleh hal-hal di sekitarnya sehingga membuat konsentrasi menjadi buyar. Selain itu, ketika konsentrasi telah terpecah, seseorang cendung mudah untuk stres. Cobalah untuk fokus pada satu hal saja terlebih dahulu yang bisa memberikan Anda waktu santai untuk menyegarkan otak kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini