Sukses

Mencapai Sukses Tak Perlu Kecerdasan atau Mengalahkan Orang Lain?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kesuksesan bukanlah tentang orang yang lebih cerdas atau lebih baik dari orang lain. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dibutuhkan seseoang untuk mencapai kesuksesan? Apakah untuk menjadi sukses harus menjadi yang terbaik dan paling cerdas?

Kedua pertanyaan tersebut mungkin datang dari pandangan konservatif yang menganggap seolah-olah kecerdasan merupakan faktor utama mencapai kesuksesan. Pikiran seperti itu tanpa kita sadari akan berpengaruh pada keyakinan tentang kesuksesan.

Jika kita melihat seseorang melakukan hal yang lebih baik dari diri sendiri, maka dengan mudah dan cepat menganggap bahwa mereka lebih pintar dan berbakat. Padahal keyakinan tersebut hanya datang karena Anda membatasi diri sendiri untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Rabu (15/6/2016), Liputan6.com merangkum sebuah penelitian yang membongkar rahasia seseorang untuk mencapai sukses tanpa mempertimbangkan Anda adalah orang cerdas atau terbaik.

1. Kreativitas

Memiliki sikap terbuka dan menempatkan diri dalam lingkungan yang mendorong kemajuan diri merupakan cara untuk mendapatkan peluang baik. Alasannya karena, kedua hal tersebut akan membawa kita mendapatkan ide-ide baru. Ide-ide terbaik bukan soal datang dari seseorang yang dilahirkan berbakat, tetapi dari kreativitas yang terbentuk oleh pemikiran terbuka.


2. Membentuk kualitas yang unggul

Para peneliti menilai bahwa keterbukaan akan mengarah pada potensi untuk menghasilkan kreativitas yang tinggi. Dengan kata lain, untuk meraih kesuksesan, Anda harus mau dan mengasah rasa ingin tahu tentang dunia di sekitar untuk mendapatkan ide-ide baru. Bahkan ilmuwan, artis, seniman, dan profesional yang sukses membutuhkan kreativitas dengan menunjukkan tingkat keterbukaan yang lebih tinggi. Selain kecerdasan dan keterbukaan, Anda juga harus melatih ketekunan untuk mendapatkan sesuatu yang berkualitas dan unggul.

3. Sukses bukanlah sihir

Media masa membuat kesuksesan seolah seperti sebuah sihir dan terlihat lebih mudah. Namun, pada dasarnya untuk mendapatkan kesuksesan, Anda membutuhkan perjuangan yang besar. Hari demi hari, pikiran, pengetahuan, dan mental Anda dilatih melewati tantangan sampai akhirnya menemukan jalan keluar. Sebagian besar atau mungkin Anda memang menilai hal tersebut terlihat sulit, tetapi kabar baiknya adalah semua itu ada pada kendali diri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini