Sukses

Benarkah Berenang di Kolam Renang Umum Berbahaya untuk Kesehatan?

Mungkin Anda perlu berpikir dua kali untuk memutuskan pergi ke kolam renang umum.

Liputan6.com, Jakarta Berenang di kolam renang umum memang salah satu cara untuk menikmati hari libur. Namun, mungkin Anda perlu berpikir dua kali untuk memutuskan pergi ke kolam renang umum.

Dikutip dari laman Metro, Selasa (24/5/2016), kolam renang mungkin lebih menjijikan daripada yang sebelumnya Anda pikirkan. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, 80 persen kolam renang di sana memiliki faktor penyebab yang dapat mengganggu kesehatan.

Penelitian itu melibatkan 84.000 inspeksi di 48.632 fasilitas berenang umum. Tempat itu meliputi kolam renang, kolam renang air panas, wahana permainan air, dan lain-lain di sekitar Amerika Serikat.

Segala fasilitas air itu dinilai memiliki setidaknya satu faktor yang membahayakan kesehatan, seperti kadar pH yang berbahaya, begitu juga dengan desinfektan dan perlengkapan kolam renang yang tidak higienis.

Faktor-faktor itu berpengaruh terhadap risiko seseorang terkena penyakit-penyakit seperti iritasi, infeksi, bahkan tenggelam. Bahkan penelitian belum menunjukkan kadar urine yang mungkin juga ada di dalam fasilitas umum itu.

Kendati demikian, penelitian tersebut dilakukan di kolam renang Amerika Serikat yang tentunya kondisinya berbeda dengan Indonesia. Karena itu, kondisi demikian belum tentu relevan dengan yang ada di kondisi di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini