Sukses

10 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Cinta Sejati

Liputan6.com, Jakarta Untuk banyak orang, cinta sejati berarti menikah dan memiliki anak. Banyak fantasi romantis pilihan hidup tentang cinta sejati. Namun nyatanya tidak semua orang mengerti apa itu cinta sejati.

Jika cinta sejati adalah pernikahan, banyak orang hanya menghabiskan waktu dan uang untuk perencanaan pernikahan dan bulan madu. Setelah itu? Banyak konflik dengan alasan tak sepaham lagi.

Dilansir dari huffingtonpost.com, Rabu (18/5/2016), cinta sejati adalah pilihan dicintai dan mencintai dengan cara positif dan tidak mudah. Sadar atau tidak, manusia melakukan hal ini sepanjang waktunya.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang cinta sejati yang tidak banyak diketahui

1. Untuk menemukan orang yang tepat, Anda harus menjadi orang yang tepat terlebih dahulu
Sebelum menjalin sebuah hubungan dengan orang lain, bangun dulu kehidupan Anda sendiri. Pelajari kesalahan di masa lalu. Apa kebiasaan atau hal-hal yang ingin Anda ubah? Pahami hal ini terlebih dahulu sebelum menjalin hubungan yang baru.

Anda dan pasangan harus memiliki keinginan yang sama untuk menjalankan hubungan tersebut dengan baik. Jika salah satu ingin mempertahankan hubungan, sementara pihak yang lain tidak, itu sudah bukan sebuah hubungan.

2. Ketahui batasan yang Anda miliki
Apa batasan paling buruk yang Anda miliki untuk sebuah hubungan? Apakah itu narkoba? Mabuk? Kebohongan? Perselingkuhan? Keuangan yang tidak stabil?

Jika Anda tahu benar apa batasan yang dimiliki, berarti Anda juga siap untuk menindaklanjuti jika sewaktu-waktu terjadi. Ini bukan tentang kehilangan orang lain, tapi bagaimana agar Anda tidak kehilangan diri Anda sendiri. Setiap orang yang pernah melanggar batasan yang Anda miliki tidak mungkin berubah.

Ingatlah bahwa Anda layak mendapatkan segala hal yang terbaik.

2 dari 3 halaman

Apa itu cinta sejati?

3. Cinta sejati adalah komunikasi yang sehat
Cinta sejati bukan sebuah permainan. Memang ada sebuah permainan di dalam hubungan yang tidak berjalan dengan baik. Jika Anda merasa berada di dalam sebuah permainan, cara memenangkan adalah dengan memilih untuk tidak bermain sama sekali.

4. Cinta sejati berarti keinginan meraih tujuan, baik diri Anda sendiri maupun sebagai pasangan
Ketahuilah apa yang sangat ingin Anda lakukan, kemudian lakukan saja. Ketahui apa yang sangat ingin dilakukan oleh pasangan dan beri ia dukungan. Anda ingin merasa bahagia. Anda ingin pasangan merasa bahagia. Anda ingin bahagia bersama-sama dengan pasangan. Usahakan hal ini sesegera mungkin atau Anda hanya akan mendapatkan kekecewaan. Anda hanya hidup sekali, maka buatlah segala hal yang terbaik dari sana.

5. Jadilah proaktif dalam setiap hubungan yang Anda miliki
Buatlah pilihan antara hubungan asmara atau profesional dengan pertemanan, walaupun kedua hal ini sebenarnya relatif. Jangan biarkan semuanya berjalan begitu saja, ketika Anda tidak lagi bisa menemukan kebutuhan di dalamnya.

Temukan orang-orang yang mencintai, menghormati, jujur, dan terbuka kepada Anda. Pilihlah orang yang tahu bahwa kepercayaan itu sulit didapatkan dan sekali hal tersebut hancur, maka selamanya tidak akan bisa diperbaiki.

6. Anda bukan seorang korban
Anda memiliki kontrol sepenuhnya untuk hidup Anda. Banyak orang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, terjebak dalam penyangkalan dan tidak menerima realitas. Anda tidak butuh dikasihani ataupun simpati. Perasaan sebagai korban sangat tidak baik untuk orang yang sebenarnya baik-baik saja, karena Anda memang bukan seorang korban.

3 dari 3 halaman

Tips mendapatkan cinta sejati

7. Hiduplah dengan tujuan
Cobalah untuk menghabiskan beberapa waktu dalam sehari untuk merenung, tanpa gangguan apa pun. Pikirkan tentang apa yang benar-benar Anda butuhkan di dalam hidup untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan apa yang hilang. Anda tidak harus meditasi, cukup menyingkir dari segala gangguan yang ada.

Hidup dengan sebuah tujuan memang hal yang sulit dilakukan. Namun, ketika Anda memiliki keinginan dan konsisten melakukannya, maka semua hal dapat terwujud.

Sama halnya dengan hubungan Anda. Tidak ada sesuatu hal pun di dunia yang instan dan praktis, semua membutuhkan waktu dan usaha.

8. Cinta sejati tidak menyakiti
Hubungan dua orang yang saling mencintai seharusnya konsisten. Pasti akan ada waktunya Anda merasa disakiti atau dikecewakan, termasuk dengan orang yang Anda cintai. Itulah hidup, tidak orang yang benar-benar akan menemukan semua kebutuhannya. Sebuah hubungan tidak akan selalu berjalan mulus, namun ketika Anda dan pasangan konsisten mengusahakannya, maka hubungan tersebut akan benar-benar berjalan. Cinta sejati membantu Anda melalui hidup, bukannya membuat hidup semakin sulit.

9. Cinta sejati menerima apa adanya
Jika Anda bertemu dengan orang yang meminta Anda meninggalkan semua kesenangan Anda, maka itu bukan cinta sejati dan itu bukan hubungan yang sehat. Hidup adalah tentang keseimbangan. Ketika hidup Anda penuh kesibukan, maka penting untuk memperhatikan dengan siapa Anda paling banyak menghabiskan waktu dan berapa banyak waktu yang Anda gunakan untuk melakukan hal yang Anda cintai. Begitu juga seharusnya dengan pasangan Anda.

10. Cinta sejati adalah perbuatan dari Anda untuk Anda
Bertindaklah dan bersikeraslah untuk itu. Bahkan mungkin Anda telah mengetahui, bahwa cinta sejati adalah apa yang Anda lakukan, bukan apa yang Anda katakan.

Jika bukan hubungan asmara, maka rasa hormat adalah hal yang harus Anda lakukan dan Anda terima.

Anda berhak diperlakukan dengan cinta dan hormat di dalam segala bentuk hubungan.

Pada akhirnya, cinta sejati adalah tentang bekerja. Ketika Anda memahami ini, semua hal terasa lebih mudah. Gunakan waktu Anda untuk menjalin hubungan dengan bijaksana dan sehat.

Loading