Sukses

Susah Bangun Pagi? Lakukan Formula Jitu Berikut Ini

Bangun lebih pagi memberikan banyak manfaat untuk mengawali hari. Namun, tak semua orang mudah melakukannya, yuk coba lakukan formula ini.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan lainnya seolah tak lepas dari kata macet yang menuntut kaum urban untuk selalu bangun lebih pagi agar tidak terlambat beraktivitas. Namun, tak semua orang bisa dengan mudah bangun pagi hari dengan berbagai alasan.

Padahal menurut para ahli, Anda harus bangun lebih awal 15 menit dari orang lain. Cukup sesederhana bukan? Namun, teori tersebut tak sesederhana ketika dipraktikan, karena godaan untuk tetap berada di kasur kerap hadir.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com pada Selasa (17/5/2016), telah ditemukan formula yang bisa Anda gunakan sebagai cara jitu untuk bangun pagi dengan lebih mudah, yaitu 10-3-2-1-0. Formula tersebut datang dari seorang penulis buku "The Perfect Day Formula", pelatih atau trainer, dan pengusaha bernama Craig Ballantyne.

Sistem ini akan membantu Anda untuk tidur tepat waktu dengan kualitas yang lebih baik serta terbangun keesokan hari lebih segar sehingga siap beraktivitas. Berikut ini rincian formula 10-3-2-1-0 tersebut yang telah Liputan6.com rangkum.


1. 10 jam sebelum tidur, jangan minum minuman yang mengandung banyak kafein

Berhenti minum minuman yang berkafein seperti kopi 10 jam sebelum tidur. Hal ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk membersihkan aliran darah dan menghilangkan efek stimulasi yang dihasilkan dari kafein.

2. 3 jam sebelum tidur, tidak ada lagi makanan atau alkohol

Setop makan dan bahkan minum alkohol, tiga jam sebelum tidur. Hal ini maksudkan agar Anda terhindar dari sakit maag yang akan berisiko mengganggu ketika tidur. Alkohol mungkin akan membuat Anda cepat mengantuk, tetapi merusak metabolisme tubuh dan merusak kualitas tidur.

3. 2 jam sebelum tidur, usahakan untuk tidak lagi bekerja.

Berhentilah melakukan pekerjaan, dua jam sebelum Anda tidur, seperti menelepon, memeriksa email, membaca laporan atau bahkan berpikir tentang hari esok. Hal ini dimaksudkan untuk melatih otak Anda dan mengetahui kapan waktunya beristirahat. Salah satu solusi lainnya agar bisa melakukannya adalah catat dalam selembar kertas tugas dan hal-hal yang harus dilakukan esok hari atau menuliskan apa yang membuat Anda marah dan kesal. Menulis akan membuat otak Anda tidak memikirkan masalah tersebut terlalu keras.

4. 1 jam sebelum tidur, matikan semua gawai yang digunakan, seperti ponsel, tablet komputer bahkan televisi

Matikan gawai Anda satu jam sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari layar akan membuat seseorang tetap terjaga dan akhirnya sulit tidur. Akan jauh lebih baik jika Anda menghabiskan waktu 1 jam sebelum tidur tersebut dengan membaca, bermeditasi, atau bahkan berdiskusi ringan dengan pasangan.

5. 0 menunjukkan jumlah berapa kali Anda akan menekan tombol snooze pada alarm di pagi hari.

Godaan terakhir yang datang saat harus bangun di pagi hari adalah menekan tombol "snooze" atau tunda pada alarm yang telah Anda pasang. Hilangkan kebiasaan ini sehingga tubuh dan pikiran Anda terpacu untuk bangun dan siap hadapi hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini