Sukses

Tak Perlu Jauh-jauh ke Amerika, Ini Dia Hollywood Kulonprogo

Saat melintasi Desa Kedung Sari Pengasih, Kulonprogo, sepintas Anda akan menyaksikan tulisan Hollywood di antara pematang sawah.

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang Hollywood cuma ada di Amerika. Di Kulonprogo ternyata juga ada Hollywood, tepatnya di Dusun Ngramang, Desa Kedung Sari Pengasih, Kabupaten Kulonprogo. Sepintas saat melewati kawasan tersebut, Anda akan menyaksikan pematang sawah yang bertuliskan "Hollywood".

Kasim salah satu warga sekitar mengatakan, tulisan Hollywood tersebut sudah ada sejak 1995. Saat itu para pemuda kreatif sengaja membuatnya dan bertahan hingga sekarang.

"Niku pun suwe (sudah lama itu) saya pulang dari luar Jawa itu tahun 1995 aja itu sudah ada kok," ujarnya kepada Liputan6.com, Minggu (8/5/2016).

Sementara itu Kliman, warga Ngramang lainnya menyebut, jika tulisan itu sudah ada sejak tahun 1985. Ia teringat saat ia menjual sapi sapinya di tahun itu. Saat itu tempat seluas 825 m2 itu sering digunakan warga untuk berbagai kegiatan seperti pentas seni Agustusan, musik, voli, hingga jathilan.

"Sekitar tahun 85 aku inget pas jual sapi. Pemuda sini itu iseng-iseng nulis. Dulu kegiatannya disini jathilan voli di sini karena dekat jalan raya itu gak boleh sekarang," ujarnya.

Sepintas saat melewati Kabupaten Kulonprogo, Anda akan menyaksikan pematang sawah yang bertuliskan "Hollywood". Foto: Fathi Mahmud.

Kliman mengaku sejak awal hingga saat ini tulisan itu tidak pernah diganti atau diperbaharui. Tulisan itu awet dan bahkan sebagai penanda wilayah daerahnya. Orang mengetahui nama Hollywood dibandingkan desa Ngramang.

"Supir Bus lintas sumatera pun kenal. Jadi kalo naik bus turun hollywood gitu sudah diturunkan depan situ," ujarnya.

Kliman mengatakan, di belakang tulisan itu merupakan makam kampung. Walaupun dekat dengan makam area di sekitar Hollywood juga seperti daerah lainnya. Mitos dekat makam sering terjadi kecelakaan, namun di daerahnya itu dipastikan selalu aman. Belum pernah terjadi kecelakaan yang sampai menelan korban meninggal di daerah ini.

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika, ternyata Hollywood juga ada di Kulonprogo. Foto: Fathi Mahmud.

"Iya itu Kuburan kampung. Aman gak ada cerita mistis. Gak ada kecelakaan. Malah dadi penanda itu. Kalaupun kecelakaan cuma ringan aja," ujarnya.

Kliman mengatakan tulisan yang sudah lama ini seharusnya bisa menjadi obyek wisata. Namun tulisan Hollywood itu ada di atas tanah milik pribadi sehingga jika tanah itu dijual maka tulisan itu dikhawatirkan hilang.

"Tanah pribadi ya jadi kalo dijual ya itu tulisannya ga ada lagi nantinya," ujarnya.

Bagi Anda yang melintas di jalan Jogja Wates Kulonprogo, maka Anda dapat menemui daerah ini di jalan Jogja Wates KM 25. Jika dari arah kota Jogja maka tulisan ini ada di sebelah kiri Anda, tepatnya setelah SPBU Hollywood. Sementara jika Anda dari arah kota Wates maka setelah kantor samsat sekitar 1 km dari tempat ini di sebelah kanan Anda. Jadi, kapan Anda ke Hollywood? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini