Sukses

Ternyata Ini Rahasia Kode yang Tertera di Tiket Pesawat!

Liputan6.com, Jakarta Wah, liburan segera tiba, Anda pasti sudah bersiap untuk pergi dan menyegarkan tubuh Anda. Apalagi, Anda juga butuh untuk membiarkan tubuh dan pikiran Anda bebas dari kepenantan dan kebosanan. Jadi, biarkan sejenak mereka bersitirahat dan mendapatkan haknya.

Memang mempersiapkan liburan tidak semudah yang Anda bayangkan, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, seperti hotel, tempat wisata, transportasi, dan kesehatan.

Biasanya, menentukan transportasi yang aman juga bisa membuat Anda bingung. Padahal, Transportasi memang menjadi hal yang paling penting untuk Anda mempersiapkan liburan, karena transportasi yang nyaman akan membuat Anda aman selama perjalanan.

Berbicara mengenai transportasi, jika Anda memilih pesawat untuk berlibur ataupun bepergian langkah awal tidak lain adalah memesan tiket pesawat. Tidak perlu repot untuk memesan tiket pesawat, karena Anda bisa langsung ke situs online booking sekelas Traveloka.

Apalagi, Traveloka semakin menjadi situs kesukaan masyarakat, karena memberikan kemudahan dan berhasil memanjakan para calon pembeli.

Sudah berhasil memesan tiket? Tapi, tahukah Anda jika beberapa informasi tertulis di dalam tiket Anda, tenyata bisa membantu Anda untuk melakukan pengecekan ulang tiket yang Anda pesan. Apa saja itu? 

Pertama adalah nomor tiket, ternyata serial 13-14 digit nomor di dalam tiket Anda menggambarkan maskapai penerbangan apa yang Anda pilih di tiga angka pertamanya lho. Lalu, jangan lupa juga untuk memeriksa nama penumpang yang tertera pada tiket Anda, pastikan jika nama Anda sudah benar sesuai dengan kartu identitas.

Kemudian adalah nomor penerbangan yang terdiri dari 2 huruf kode maskapai penerbangan yang juga disusul dengan 2 sampai 4 angka yang menandakan kota asal menuju kota tujuan. Contohnya GA401 yang artinya penerbangan Garuda Indonesia dari Denpasar menuju Jakarta.

Nah, yang paling menarik adalah kelas yang Anda pilih dalam penerbangan nanti juga tertuang di dalam tiket pesawat. 3 jenis kelas yang ditawarkan maskapai yang meliputi Firts Class, Business Class juga Economy Class.

Untuk jenis First Class diwakili dengan huruf F, R dan A, sedangkan untuk Business Class ditandai dengan huruf C, D dan J. Berbeda dengan kelas ekonomi yang biasanya diwakili dengan huruf Y, W, M, N, K, L, H, G, O, dan X. Jadi dari beberapa kode huruf tersebut bisa memastikan di kelas mana Anda berada saat memesan tiket pesawat. 

Ada lagi yang menjadi perhatian para calon penumpang ialah berat bagasi yang juga tercantum dalam tiket pesawat Anda. Tahukah Anda jika suatu angka berarti menunjukkan jumlah check baggage yang bisa dibawa secara cuma-cuma alias gratis. 

Untuk kelas F (First Class) 40 kg, sedangkan kelas C yang ditujukan untuk kelas bisnis sebanyak 30 kg. Kelas ekonomi adalah sebesar 20 kg. Bagaimana cukup memberi informasi dan acuan Anda nanti bukan?

(Adv/CT)