Sukses

Ini Definisi Cantik Menurut Fira Basuki

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda yang hobi membaca novel, nama Fira Basuki sudah terasa akrab di telinga. Ia baru saja meluncurkan buku terbarunya yang berjudul 'Aku...Cantik'. Buku ini merupakan kerjasama Fira Basuki dengan POND's, salah satu brand perawatan kulit wajah dari PT. Unilever Indonesia Tbk. Buku ini diharapkan dapat menginspirasi para wanita Indonesia untuk percaya diri dengan kecantikan yang dimiliki dirinya sendiri.

Menurut Fira Basuki, orang-orang Indonesia memiliki kebiasaan untuk melihat kecantikan seorang perempuan dari kulit wajahnya. "Orang Indonesia itu bisa percaya diri dimulai dari kulitnya, karena kebiasaan kita untuk melihat orang itu cantik atau enggak dari kulitnya. Kalau kulitnya putih, mulus, berarti orang itu cantik. Padahal setiap perempuan itu terlahir cantik, apapun keadaan dirinya," jelas Fira Basuki yang ditemui pada acara peluncuran buku dan talk show 'Aku...Cantik' bersama Fira Basuki dan POND's, Selasa (26/1/2016).

Fira juga berpendapat bahwa kepercayaan diri adalah suatu hal yang harus dibiasakan sejak dini. Sejak masih anak-anak, mereka harus ditanamkan kepercayaan diri dan merasa cantik dengan dirinya sendiri.
"Cantik itu menurut aku adalah kebaikan. Saat kamu menyakiti hati orang lain, itu akan terpancar dari diri kamu, dan itu bukan cantik namanya," papar perempuan berusia 40 tahun ini.
Menurutnya, kecantikan adalah anugerah dari Tuhan yang harus dijaga dengan merawat diri sebaik mungkin. Tak lupa Fira juga memberikan beberapa tips untuk menjaga kecantikan wajah seorang wanita.

1. Bersih
Fira mengatakan bahwa selelah apapun Anda setelah bekerja sepanjang hari, seorang perempuan tidak boleh lupa untuk membersihkan wajah atau riasan yang dikenakannya sepanjang hari. "Itu wajib bagi para perempuan yang selalu menggunakan make up sehari-hari. Kalau males-malesan, ya jangan ribut kalau tiba-tiba muncul jerawat di wajah," tegas Fira Basuki saat ditemui di Toko Buku Kinokuniya, Plasa Senayan, Jakarta.

2. Gunakan krim malam
Hal ini berhubungan dengan tips sebelumnya. Untuk memaksimalkan penggunaan sebuah krim, wajah Anda harus bersih terlebih dahulu, agar krim dapat meresap dan bekerja sempurna pada wajah Anda.

3. Rutin gunakan tabir surya
Menurut Fira Basuki, di tempat out door dan in door, Anda tidak boleh lupa untuk menggunakan sun screen untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. "Mau berada di ruangan ber-AC, apalagi di luar, pokoknya jangan lupa untuk menggunakan sun screen. Ini penting," jelas Fira.

Chandra Gautama, perwakilan dari Kepustakaan Populer Gramedia yang juga hadir dalam acara peluncuran buku ini menambahkan, "Cantik itu adalah kebudayaan Indonesia. Kebudayaan Indonesia itu beragam, begitu juga dengan kecantikan perempuan Indonesia."

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6