Sukses

Wanita Gemuk Ini Ungkap Cibiran Orang padanya Lewat Foto

Seorang wanita gemuk sekaligus profesor, Hayley Morris, membuat proyek foto yang memperlihatkan bagaimana respons orang saat melihatnya.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang gemuk atau bahkan tergolong obesitas sering kali mendapat ejekan atau cemooh dari lingkungan sekitar. Seperti halnya yang terjadi Hayley Morris, (40) melalui kumpulan proyek fotonya.

Seperti yang tertulis dalam thesun, Rabu (6/1/2016), karena tubuh gemuknya, Hayley Morris yang juga seorang Profesor di Universitas Seni Memphis, Tennessee, menemukan ide untuk bereksperimen melalui foto. Tema dari foto yang digarapnya tersebut memperlihatkan bagaimana pandangan negatif orang ketika melihat seorang wanita gemuk.

Hayley Morris membuat proyek foto tentang bagaimana orang disekitar memandangnya (sumber. thesun.co.uk)

Untuk mengerjakan proyek foto tersebut, Hayley menghabiskan waktu hingga 6 tahun dengan mengambil latar sosial yang beragam dari seluruh dunia. Komposisi dari kumpulan foto-foto tersebut selalu memperlihatkan sosok Hayley yang berpose di area publik.

Hayley Morris membuat proyek foto tentang bagaimana orang disekitar memandangnya (sumber. thesun.co.uk)

Uniknya, beberapa orang yang tertangkap bidikan kamera yang sengaja diletakannya dan menggunakan pengatur waktu di area publik tersebut terlihat sedang mencibir keberadaan Hayley karena tubuh gemuknya. Hayley mengumpulkan foto-foto dan komentar baik negatif dan positif yang diterimanya dari email ke dalam sebuah buku.

Hayley Morris membuat proyek foto tentang bagaimana orang disekitar memandangnya (sumber. thesun.co.uk)

Buku yang berjudul A Narrative of Empowerment when Surrounded by Negativity tersebut menuai pujian karena keberanian untuk mengungkap bagaimana masyarakat memandang negatif wanita gemuk di area publik. Hayley telah mengambil foto dengan latar beberapa kota di dunia, seperti Peru, Berlin, Paraha, Paris, dan Panama.

Buku kumpulan foto karya Hayley Morris (sumber. Thesun.co.uk)

Buku kumpulan foto karya Hayley tersebut dapat dibeli melalui laman pribadinya seharga US$ 50 atau sekitar Rp 698 ribu, selain juga bisa dibeli di Thames and Hudson di Inggris seharga £35 atau sekitar Rp 715 ribu.*

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini