Sukses

7 Langkah Dongkrak Karier Anda Potensial

Beberapa hal ini dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa karier Anda potensial.

Liputan6.com, Jakarta Ide tentang karier selalu menarik perhatian Anda? Sampai saat ini masih tidak yakin apakah karier Anda sesuai?

Anda dapat mencari melalui internet, melakukan wawancara langsung dan membaca buku tentang pekerjaan untuk mengetahui apakah karier Anda potensial. Atau beberapa hal ini dapat membantu Anda untuk memastikannya. Seperti dilansir dari dummies.com, Rabu (30/12/2015).

1. Ikuti Beberapa Kursus
Melakukan eksplorasi dapat membuat karier Anda di masa mendatang menjadi potensial. Tujuan mengikuti beberapa kursus bukan untuk terlatih di semua bidang tersebut, namun untuk mencari hal yang cocok pada diri Anda. Ketika Anda mengikuti beberapa kursus ini, perhatikan apakah Anda merasa materi tersebut sesuai dengan Anda atau tidak. Ketika Anda telah menemukan hal yang sesuai dengan diri Anda, ini dapat menjadi awal dari masa depan karier yang potensial bagi Anda.

2. Carilah Informasi
Mencari informasi yang paling cepat dan mudah untuk Anda lakukan adalah melalui internet. Anda dapat mencari segala informasi yang berkaitan dengan karier Anda di internet kapan pun Anda inginkan. Ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan topik-topik yang dapat mempengaruhi karier Anda.

3. Perkaya Diri Anda dengan Membaca Jurnal
Membaca berbagai macam jurnal dapat membuat Anda lebih kaya akan informasi mengenai politik, beberapa istilah dalam karier, humor dalam berorganisasi dan dunia industri karier. Jika ada beberapa elemen dalam hal ini yang menarik perhatian Anda, perhatikan! Saat ini, akan lebih baik apabila Anda mengetahui banyak hal.

Dengan membaca, Anda juga mendapatkan pengetahuan mengenai apa yang sedang dan telah berlalu, kejadian menarik yang akan datang dan beberapa isu yang akan berpengaruh pada karier Anda. Pemahaman Anda tentang hal ini sangat penting untuk membuat masa depan karier Anda potensial.

4. Berinteraksi Dengan Banyak Orang
Jika Anda memutuskan untuk berkarier di suatu tempat, Anda harus berusaha untuk melakukan interaksi dengan orang-orang yang ada di lingkungan tersebut. Carilah pembahasan sekitar karier yang sedang Anda lakukan.

Hadiri berbagai pertemuan selama Anda mampu, ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana berada di berbagai lingkungan dengan berbagai jabatan yang mungkin Anda inginkan. Anda dapat belajar untuk mendengarkan, mengamati dan melakukan interaksi dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Di sini Anda memperkaya pemahaman Anda mengenai karier Anda dan membangun jalan ke sana.

5. Menghadiri Pertemuan Profesional
Sebuah pertemuan profesional dapat membangun keterampilan Anda mengenai karier yang Anda inginkan. Semakin banyak pertemuan yang Anda lakukan, akan semakin besar kesempatan Anda untuk menemukan karier impian dengan posisi yang Anda inginkan.

6. Mengamati Orang Bekerja
Anda dapat mengamati orang lain bekerja, berinteraksi dengan klien dan melakukan tugas-tugas mereka. Hal ini dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi diri Anda terhadap karir yang sedang Anda jalani saat ini.

7. Mendapatkan Pengalaman
Ini dapat dimulai dengan melakukan magang, bekerja paruh waktu, atau semua pekerjaan yang tidak membutuhkan waktu jangka panjang. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana rasanya telibat dalam pekerjaan yang Anda inginkan selama ini.

Jika Anda masih ragu tentang masa depan karir Anda atau takut akan masa depan karier yang suram, beberapa hal di atas dapat membantu Anda.*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.