Sukses

Cara Siasati Waktu Belajar di Tengah Kesibukan Kerja

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk belajar di sela-sela kesibukan bekerja untuk perkembangan karir di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda baru pertama kali memulai pekerjaan dan mendapat gaji, pikiran tersebut dapat berpotensi menghambat karir untuk berkembang. Fase tersebut memiliki pengaruh yang sifatnya jangka pendek di mana Anda merasa nyaman secara finansial.

Namun, pada titik tertentu, keinginan untuk mengembangkan karir akan menyelinap masuk dalam pikiran Anda. Salah satu caranya adalah belajar kembali untuk mendapatkan sebuah sertifikasi atau gelar yang baru.

Seperti dilansir dari Lifehack pada Senin (30/11), sebagian besar orang menganggap bahwa kembali belajar, sekolah, atau mengikuti program kursus adalah sesuatu yang menakutkan. Meskipun begitu, kembali belajar untuk mengembangkan diri bermanfaat untuk kemajuan karir Anda.

Berikut cara menyempatkan belajar di tengah kesibukan kerja.

1. Sempatkan untuk membaca
Membaca memiliki banyak manfaat yang dapat membuka wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Jadwal dan targetkan kegiatan Anda untuk membaca di sela-sela kesibukan saat bekerja, seperti 18 halaman per hari. Dengan demikian, kegiatan membaca Anda jadi tak terasa membosankan karena ada target yang harus dicapai.

2. Maksimalkan waktu di perjalanan
Menurut penelitian rata-rata orang dewasa di Amerika memiliki waktu perjalanan sekitar 20 menit sampai 1 jam setiap hari ketika menuju ke kantor. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan kesempatan waktu untuk belajar. Bagi Anda yang naik kendaraan umum, membaca buku bisa jadi pilihan. Namun, untuk Anda yang mengendarai mobil atau motor, buku audio bisa jadi pilihan untuk belajar. Buku audio memungkinkan Anda untuk belajar tanpa merebut konsentrasi Anda saat berkendara.

3. Korbankan salah satu rutinitas
Dalam rangka menyelesaikan studi yang sedang dijalani saat sedang bekerja, Anda disarankan untuk mengorbankan salah satu aktivitas setiap harinya, seperti nonton TV, waktu kumpul dengan teman, atau jalan-jalan ke suatu tempat. Pengorbanan yang Anda berikan bukan tanpa alasan dan terjadi selamanya, tapi hanya pada saat sedang menempuh pendidikan.

4. Multi tasking
Hal ini mungkin cukup sulit untuk beberapa orang lakukan karena tidak semua manusia diciptakan mampu membagi fokus mereka. Namun, beruntunglah orang dengan kemampuan mulit-tasking karena mereka berpotensi mampu menyelesaikan tugas kuliah atau kursus di tengah kesibukan kerja.

5. Buatlah rencana dan jadwal
Jika Anda bukan tergolong multi-tasking, perencanaan dan jadwal yang matang akan sangat membantu dalam menyelesaikan tugas kuliah atau kursus ditengah rutinitas kerja. Selain itu, dengan membuat rencana atau menjadwalkan setiap kegiatan, Anda memiliki waktu untuk mengelola stres dengan berlibur.

Baca Juga

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.