Sukses

Efek Positif Punya Hobi

Ada banyak manfaat yang ditimbulkan secara lahir dan batin dari beraktifitas dalam hobi Anda

Liputan6.com, Jakarta Kita sering berpikir, berinvestasi secara emosional demi sebuah hobi menjadi aktifitas bagi orang-orang yang memiliki waktu luang yang banyak. Kenyataannya, untuk Anda yang hidup penuh stres dan serba heboh, hobi merupakan solusi menenangkan pikiran. 

Coba pikir lagi, kegiatan apa yang Anda senangi dan tidak membebani Anda saat melakukannya? Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin berpikir akan meluangkan waktu di akhir pekan untuk melakukan hal kesenangan Anda itu.

Memiliki kegiatan yang Anda sukai dan membuat Anda senang melakukannya memiliki dampak positif untuk kesehatan jiwa dan raga. Menurut Stress.about.com, Jumat (8/5/2015), berikut adalah efek-efek positif dari memiliki hobi.

1. Beristirahat

Hobi merupakan kegiatan membebaskan diri dari pekerjaan dan bebas tanggung jawab dalam kehidupan Anda. Ini sangat membantu bagi Anda yang merasa terkuras energinya akibat dari terlalu banyak tanggung jawab yang harus dijalankan. Berbeda dengan sekedar duduk diam atau menonton televisi, mempunyai hobi membuat waktu istirahat Anda dihabiskan untuk sesuatu yang lebih produktif daripada duduk diam saja.

2. Eustress

Untuk Anda yang hidupnya tidak penuh stres, seperti misalnya Anda yang sedang tidak memiliki pekerjaan, hobi merupakan sumber eustress -jenis stress yang sehat dimana kita mendapatkan sesuatu yang membuat kita bersemangat terhadap hidup.

3. Outlet Sosial

Berbagai hobi memiliki komunitas sendiri. Seperti klub golf, grup cosplay, atau grup menulis kreatif. Hobi yang membuat Anda terhubung dngan orang lain bisa menjadi pelepas stres, bahkan sarana menambah koneksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4-5

4. Kepuasan Batin

Rasa kepuasan batin penting untuk membawa arti dan kebahagiaan hidup. Walau terdengar dangdut dan dilebih-lebihkan, kenyataannya rasa puas secara batin menghadirkan tantangan untuk kita menggunakan keterampilan kita sebaik-baiknya dan ada di suatu aliran yang memberi sensasi meditatif. Kita jadi lupa waktu dan lupa akan sumber stres dari hidup kita.

5. Punya Keuntungan bagi Kesehatan

Studi menunjukkan anda yang mengikuti aktifitas fisik santai selama setidaknya 20 menit per minggu cenderung terhindar dari keletihan. Studi lain juga menunjukkan aktifitas-aktifitas itu berdampak pada tekanan darah yang lebih rendah dan hormon kortisol yang lebih banyak.

Jika Anda ingin menikmati hobi favorit namun merasa tidak punya waktu, sepertinya -walau terdengar kontradiktif- menginvestasikan waktu untuk hobi lebih penting bagi Anda dari yang Anda kira, dan mencari waktu melakukannya tidadk sesulit yang anda kira.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini