Sukses

7 Tanda Bahwa Anda Punya Potensi Sebagai Seorang Pemimpin 23 April 2015

Liputan6.com, Jakarta Tanpa disadari, setiap orang memiliki potensi sebagai seorang pemimpin. Baik untuk memimpin perusahaan, karyawan maupun tim bekerja. Sayangnya, banyak orang yang terkadang tak menyadari jika ia memiliki potensi sebagai seorang pemimpin. Lalu, apa saja tanda-tanda yang menunjukkan jika Anda memiliki potensi sebagai seorang pemimpin? Berikut ulasan yang diberitakan oleh Life Hack, Kamis (23/4/2015):

2 dari 8 halaman

Persuasif

Salah satu karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin adalah persuasif. Jika saat berbicara pada orang lain Anda mampu mengajak dan membujuk lawan bicara, maka Anda adalah seorang pemimpin yang baik. Yang terpenting, apapun yang Anda bicarakan harus dapat memberikan dampak positif baik untuk lawan bicara maupun untuk diri sendiri.

 

3 dari 8 halaman

Menginspirasi

Seorang pemimpin tak hanya fokus untuk keberhasilan dirinya sendiri, melainkan ia juga memikirkan orang lain. Sebagai contoh, seorang pemimpin harus mampu memotivasi, mengajarkan dan berbagi pengalaman serta ilmu dengan orang lain. Sifat tersebut dapat membuat banyak orang terinspirasi dengan kemampuan Anda.

 

4 dari 8 halaman

Percaya Diri

Jika Anda dapat percaya bahwa apapun yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik, maka secara tidak langsung Anda sudah membangun kepercayaan pada orang lain. Selain itu, karyawan Anda akan semakin percaya diri dalam mengerjakan segala hal.

 

5 dari 8 halaman

Berusaha

Seorang pemimpin harus dapat menjadi contoh dari karyawannya. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengerjakan suatu proyek, maka kerjakanlah hingga selesai dan berusahalah untuk memberikan yang terbaik. Dengan begitu, karyawan akan mencontoh sikap dan sifat sehingga cita-cita perusahaan akan berjalan dengan baik.

6 dari 8 halaman

Mengendalikan Diri

Sebagai seorang pemimpin, Anda juga perlu mampu mengendalikan emosi . Jika terjadi sesuatu pada pekerjaan, cobalah untuk berpikir jernih, tenang dan tidak emosi dalam mengambil sebuah keputusan. Selain itu, cobalah untuk berdiskusi dengan karyawan layaknya seorang teman. Menjaga hubungan baik dengan karyawan juga akan memberikan dampak yang baik pada pekerjaan Anda. 

 

7 dari 8 halaman

Karismatik

Setiap pemimpin biasanya memiliki sifat karismatik yang dapat menjadi energi tersendiri bagi orang lain. Orang karismatik biasanya memiliki ciri-ciri tersendiri. Di antaranya seperti mampu mengambil resiko, mau mendengarkan orang lain dan mampu membuat lawan bicaranya merasa lebih penting dibandingkan dirinya. 

 

8 dari 8 halaman

Kreatif

Seorang pemimpin harus mampu berpikir jauh lebih luas dibandingkan orang lain. Sehingga, ia mampu menciptakan suatu hal yang belum diciptakan oleh orang lain. Tak hanya dalam menciptakan ide saja, namun dalam menghadapi masalah pun seorang pemimpin harus berpikiran luas. (Cyn/Liz)