Sukses

Perspektif Fesyen Didi Budiardjo dalam Instalasi Sawunggaling

Didi Budiardjo menyatakan pandangan fesyennya melalui pameran karya instalasi bertajuk `Sawunggaling`.

Liputan6.com, Jakarta Ada satu risiko merugikan mengintai saat budaya kesenian dalam proses pewarisannya dipahami secara sempit sebagai sebuah produk. Glorifikasi hasil akhir yang bergerak terlalu jauh hingga merepresi aktivitas kreatif itu sendiri dapat berujung pada batu nisan seni. Kelahiran segala wujud dan metode artistik baru adalah syarat bagi langgengnya satu wilayah kesenian.

Keabadian seni bukan diukur dari seberapa lama suatu produk historis dipajang di etalase museum sebagai artefak. Melainkan dari bagaimana artefak-artefak tersebut menjadi penanda garis awal dari penciptaan-penciptaan produk seni yang kemudian. Motif batik Sawunggaling merupakan satu contoh dari apa yang dibicarakan di sini.

K.R.T Hardjonagoro – seorang keturunan Tionghoa terlahir dengan nama Go Tik Swan – diminta oleh presiden pertama Indonesia, Presiden Soekarno, untuk membuat batik baru yang bukan menjadi representasi wilayah-wilayah lokal nusantara melainkan Indonesia secara keseluruhan. Puluhan tahun kemudian, upaya mengkreasikan sesuatu yang baru juga dilakukan oleh desainer fesyen tanah air, Didi Budiardjo.



Jumat 10 April 2015, sebuah pameran karya instalasi dihadirkan Didi di pusat perbelanjaan Senayan City. Salah satu sisi dari bangun prisma segitiga yang berdiri di tengah apitan butik-butik mall tersebut memiliki pintu. Ruang dalam bangunan putih itu gelap  dan terdapat manekin gaun yang tersorot sinar proyektor di dalamnya.



Berganti-ganti motif, manekin tersebut menjadi rupa baru sajian artistik batik. Didi Budiardjo menyebut hal ini dengan meminjam istilah `Nunggak Semi`, yakni berarti berseminya tumbuhan dari tunggaknya atau bagian lama tumbuhan yang tersisa. Sekiranya ini pula lah yang menjadi pemahaman desainer yang telah berkarya selama 25 tahun itu mengenai fesyen.



Fesyen bagi Didi adalah sesuatu yang hidup melalui ciptaan-ciptaan baru, yang didalamnya proses perubahan dapat menjadi salah satu bagian. Pameran Instalasi Sawunggaling persembahan Didi Budiardjo berlangsung selama rangakaian Fashion Nation 2015 digelar, yakni pada 9-18 April 2015 di Senayan City. Selain batik Go Tik Swan, pada pameran yang terwujud dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation, Museum Tekstil, dan Harper’s Bazaar Indonesia ini dipamerkan juga karya batik Iwan Tirta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini