Sukses

Ini Kiat Agar Rumah Bebas Nyamuk

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan agar rumah bebas nyamuk.

Liputan6.com, Jakarta- Nyamuk merupakan hewan pengganggu yang biasanya menyerang di malam hari dan mengganggu tidur. Selain itu, serangga ini juga membawa aneka penyakit, seperti demam berdarah, chikungunya, dan malaria.

Dilansir melalui Rumah.com, berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan agar rumah bebas nyamuk:

Hilangkan Genangan Air

Cegah adanya genangan air di dalam dan sekitar rumah yang dapat digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Cekungan di talang air atau wadah-wadah kecil seperti kaleng bisa menjadi tempat genangan air. Sebaiknya Anda mengeringkan air di talang dan mengubur wadah-wadah tersebut.

Jika Anda memiliki binatang peliharaan seperti burung berkicau, periksalah tempat minumnya. Jika terdapat jentik nyamuk, bersihkan dan ganti air setidaknya dua kali dalam sepekan.

Potong Tanaman di Halaman

Pangkas tanaman yang terlalu rimbun di halaman Anda. Brightnest.com menyebut, nyamuk seringkali tinggal tanaman rimbun dan semak-semak liar. Memotongnya akan mengurangi jumlah nyamuk di rumah Anda.

Periksa Kawat Nyamuk

Pastikan kawat atau kasa nyamuk di lubang angin atau jendela rumah Anda dalam kondisi baik dan tak berlubang. Dengan demikian, nyamuk tak bisa masuk ke dalam rumah.

Rapikan Pakaian

Nyamuk suka hinggap di pakaian yang digantung di dinding atau di balik pintu. Merapikan pakaian ke dalam lemari dapat mengurangi nyamuk yang berkeliaran di rumah.

Bau yang Disukai Nyamuk

Webmd.com menulis, nyamuk dapat membaui mangsanya dari jarak 50 meter. Manusia dengan kadar asam urat tinggi, kolesterol, dan steroid di permukaan kulit dan keringat, cenderung menjadi sasaran utama nyamuk.

Penelitian menunjukkan, nyamuk paling suka manusia dengan golongan darah O dan paling tidak suka dengan golongan darah A. Untuk mengurangi potensi digigit nyamuk, sebaiknya Anda mandi untuk bersihkan kulit dari bau keringat yang disukai nyamuk.

Gunakan Anti Nyamuk Alami

Mengusir nyamuk dengan obat anti-nyamuk kimia sangat riskan, terutama bagi anak kecil. Untuk itu, Anda dapat menggunakan beberapa tanaman atau aroma yang memiliki kemampuan mengusir nyamuk.

Tumbuhan yang efektif menyingkirkan nyamuk antara lain lavender, zodia, rosemary, geranium, dan serai. Sementara, wewangian pengusir nyamuk antara lain minyak kayu manis, minyak rosemary, minyak serai, minyak cedar, minyak cengkeh, dan minyak peppermint. Wewangian ini bisa dibuat menjadi lilin aroma pengusir nyamuk. (liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini