Sukses

Main Golf, Tren dan Gaya Hidup Para Selebriti Indonesia

Virus golf tidak hanya menjangkiti para professional dan pelaku bisnis tapi juga menulari beberapa selebriti Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Industri golf di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut ditandai dengan banyak bermunculannya perlengkapan dan busana untuk equipment dan apparel yang terus hits dalam inovasi, termasuk jumlah putaran yang ada di tiap lapangan golf di Indonesia. Bagai epidemi, virus golf tidak hanya menjangkiti para professional dan pelaku bisnis tapi juga menulari beberapa selebriti Indonesia.

Sebut saja nama-nama seperti El Manik, Gusti Randa, Cok Simbara, Dwi Yan dan Pierre Gruno. Para selebriti senior ini kerap terlihat di lapangan golf memainkan putaran mereka. Tidak hanya menjadi sarana olahraga, golf pun sudah menjadi tren di kalangan para pesohor. Semaraknya peralatan golf dan warna-warni apparel dari beragam merek terkenal membuat olahraga mengayun ini semakin terdepan diminati selebriti dalam hal lifestyle atau gaya hidup.

Golf yang semakin digemari para artis untuk mengisi waktu di kala rehat ataupun disela-sela kesibukan jadwal syuting, menginspirasi para selebriti lokal untuk membentuk komunitas golf selebriti. Dimotori oleh para selebriti senior papan atas termasuk Pasha Ungu dan Primus Yustisio, para artis ini membentuk perkumpulan bernama Celebrity Golf Club. Komunitas bagi para selebriti yang hobi bermain golf ini diresmikan pada April 2013 lalu di Riverside Golf Club, Cimanggis, Jawa Barat. Papank Agung Pamungkas, bos rumah produksi TFA media dan presenter acara 'Military' di O Channel ini didaulat menjadi ketua umum.

Keberadaan Celebrity Golf Club membawa warna baru di ranah golf Indonesia, sekaligus menjadi cerminan bahwa selebriti juga mencintai hidup sehat. “Pada dasarnya, Celebrity Golf Club dibentuk untuk menjalin silaturahmi dan membangun komunikasi yang baik antara sesama pelaku seni dan industri hiburan. Tentunya juga, dengan adanya Celebrity Golf Club ini kami berharap bisa merubah paradigma masyarakat yang mayoritas mengonotasikan selebriti lekat dengan narkotika dan kehidupan hura-hura. Ini menjadi pembuktian kami terhadap masyarakat bahwa selebriti juga mencintai olahraga dan hidup sehat,” kata ketua umum yang kerap disapa Don Papank ini.

Sebagai bentuk kepedulian, Celebrity Golf Club juga melakukan aksi sosial yang berhubungan dengan golf juga menggelar turnamen untuk charity. Turnamen penggalangan dana yang pernah dilakukan komunitas ini berlangsung di Palm Hill Golf Club pada Mei dua tahun silam. Saat itu, perayaan anniversary Celebrity Golf Club digelar sekaligus menjadi acara penggalangan dana bagi pesantren milik almarhum Ustad Jeffry Al Buchori. Donasi sebesar 10 juta rupiah berhasil dikumpulkan dari para selebriti dan pegolf dermawan yang berpartisipasi.

Golf yang kini diminati banyak selebriti, merupakan olahraga yang unik. Semua orang bisa memainkannya, namun tidak semua bisa menjadi “master” di olahraga ini. Tapi untuk hal ini, dua bintang film senior El Manik dan Pierre Gruno bisa menjadi pengecualian. El Manik yang pernah menganggap sinis olahraga golf, kena batunya ketika dia mulai jatuh cinta pada golf. Tidak tanggung-tanggung, dia mengayun klab dua kali dalam sepekan termasuk saat syuting. Lain halnya dengan Pierre Gruno yang sudah melakoni olahraga ini sejak usia 11 tahun. Artis berusia 54 tahun ini yang senantiasa tampil stylish ini mempercayakan aksinya di lapangan dengan Wedge Cleveland Tour Action untuk mengatasi berbagai rintangan di lapangan golf.

Celebrity golfer lainnya yang semakin aktif mengasah kemampuan di bidang ini adalah vokalis Maliq & D’essential, Angga Puradiredja. Berasal dari keluarga penggemar golf, suami mantan Puteri Indonesia 2002 Melanie Putria ini mengenal golf sejak duduk di bangku sekolah menengah. Angga tidak hanya melatih keterampilannya di driving range, tapi juga memaksimalkannya di lapangan. Tidak tanggung-tanggung, dia juga kerap berpartisipasi di turnamen prestasi seperti kejuaraan nasional amatir untuk membuktikan kebolehannya. Meski terkadang permainan golf tidak semulus karier menyanyinya yang gemilang, Angga tidak kapok untuk terus bertanding di kejuaraan nasional.

“Saya pernah ikut bermain di turnamen Pro-Am untuk seleksi turnamen internasional yang berlangsung di lapangan Pondok Cabe. Kejadian yang memalukan terjadi saat tee off. Golfer pertama dan kedua memukul bola, pukulan mereka jauh dan mendapat tepukan tangan meriah. Giliran saya, saking gugupnya dan gemetaran pegang stik, ketika memukul, bolahanya bergulir begitu saja. Dan itu membuat semua orang terdiam, shock, sebelum akhirnya semua tepuk tangan”, kenang Angga.

Kini, selain tetap aktif naik ke atas panggung untuk melantunkan vokalnya yang merdu, Angga juga tetap menyisihkan waktu untuk mengayun klab. Bersama sahabatnya, yang mendirikan komunitas @MainGolfYuk, Angga aktif mensosialisasikan golf ini kepada generasi muda. Tujuannya adalah ingin menyampaikan kepada kalangan muda bahwa golf adalah olahraga yang santai, affordable, jauh dari kesan tua, dan yang pasti fun. Paling tidak, ada paradigma baru yang disuguhkan bahwa olahraga ini adalah olahraga anak muda juga. Angga juga kerap menyaksikan pertandingan golf secara langung di lapangan, terutama saat gelaran CIMB Niaga Indonesian Masters yang sudah berlangsung selama empat tahun ini.

Menanggapi fenomena para selebriti yang mulai kecanduan golf, ketua umum PGA Tour of Indonesia Johanes Dermawan menyambut positif kehadiran Celebrity Golf Club di tanah air. Menurutnya, kehadiran para selebriti di lapangan dengan memainkan 18 hole tiap putaran membuat peta pergolf-an di Indonesia semakin berwarna. Dia berharap olahraga ini semakin meluas dan dikenal banyak lapisan masyarakat dengan tampilnya para selebriti di lapangan, bukan hanya di layar kaca. “Ini sangat bagus buat perkembangan golf di Indonesia. Saya menyambut baik keberadaan komunitas golf selebriti. Semakin olahraga ini diminati banyak selebriti, ekspose terhadap olahraga ini juga akan semakin meningkat. Disitulah keuntungannya,” kata Johanes yang juga suami dari Becky Tumewu ini. Sayang, sang istri belum terpanggil untuk bermain golf dan lebih memilih senam, yoga dan pilates sebagai olahraganya.

Salah satu acara golf yang tidak luput dari perhatian selebriti adalah CIMB Niaga Indonesian Masters. Tahun ini, gelaran tersebut akan diadakan pada 23-26 April 2015 di Royale Jakarta Golf Club. Sejumlah pemain top dunia akan diundang untuk mengadu keberuntungan mereka dengan golfer lokal selama empat hari. Selain Angga Puradiredja dan Don Papank, aktor tampan Teuku Ryan juga kerap beriringan dengan suporter lain menyusuri 18 hole.

Papank menilai, gelaran CIMB Niaga Indonesian Masters dengan menghadirkan pemain kelas dunia merupakan gengsi tersendiri yang dimiliki turnamen ini. Dia juga bisa melihat secara langsung bagaimana para pemain tersebut melakukan ayunan dan menerbangkan bola menuju fairway. “Kalau bisa melihat bagaimana bola terbang seperti di televisi, perasaan kita akan exciting sekali. Apalagi jika ada panggung untuk para penonton di hole par 3, sehingga euforia hole pendek tersebut bisa tercipta dan kita bisa mendapatkan fun serta exciting secara langsung,” pungkas pemain berhandicap 12 ini. (rls/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini