Sukses

Buatlah Pestisida Alami Untuk Tanaman di Pekarangan Rumah

Liputan6.com, Jakarta Mendapatakan zona kenyamanan dalam hidup tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Mengubah tatanan rumah menjadi salah satu cara yang praktis dan ekonomi dalam menemukan kenyamanan demi relaksasi diri seusai melepas penat. Salah satu caranya, dengan menanam bunga, buah, atau sayuran di pekarangan rumah.

Namun, ternyata mendapat kenyamanan di rumah tidak semudah itu. Hal yang mengesalkan datang ketika hama datang menghinggapi dan menyerang semua tanaman di pekarangan rumah. Tanaman menjadi tidak segar, bahkan beberapa di antaranya tak tertolong untuk diselamatkan.

Jika, kondisi tersebut sudah menyerang, segaralah Anda berburu untuk membeli pestisidasi pembasmi hama. Namun, tentu Anda harus waspada dengan kandungan bahan kimia yang berbahaya. Jadi, daripada mengambil risiko jangka panjang tersebut, bagaimana jika Anda sendiri membuat pestisida dari bahan-bahan di dapur?

Tenang, membuat pestisida sendiri tidaklah begitu sulit, itulah langkah-langkah yang dilansir dari laman Reader's Digets, Senin (23/3/2015):

1. Siapkan 10 siung bawang putih, 3 sendok teh sayur atau minyak mineral, 3 cangkir (750 ml) air panas, dan 1 sendok teh cairan pencuci piring (bukan berupa deterjen pencuci piring).

2. Haluskan bawang putih dengan menggunakan blender, lalu campurkan dengan 3 sendok teh sayur atau minyak mineral.

3. Saring campuran tersebut dengan menggunakan saringan dan masukkan ke dalam botol berdaya tampung 1 liter. Tambahkan air hangat dan cairan pencuci piring, lalu tutup tabung dan kocok secara perlahan. Kemudian, tuangkan campuran tersebut ke dalam botol yang memiliki semprotan sebagai penutupnya.

4. Semprotkan campuran tersebut ke tanaman. Pastikan untuk menutupi kedua sisi daun. Jangn lupa untuk mengulangi penyemprotan tiap 3 hari dalam seminggu untuk mengontrol penetasan telur serangga. Ulangi seperlunya, terutama saat hujan turun atau ketika masalah hama kembali timbul.

Bagaimana mudah bukan untuk membuat pestisida alami? Semoga hama yang menyerang tanaman di pekarangan rumah segera menghilang! (auf/Liz)

Wanita Afrika Tata Rambutnya Jadi Bentuk Ekstrem

Tutup Video