Sukses

9 Bahan Alami Pembasmi Semut di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya serangga seperti kecoa, semut pun berdatangan ke rumah pascabanjir. Masalahnya, binatang dengan lebih dari 12.000 jenis ini sangat gigih dan tidak mudah disingkirkan dari rumah Anda.

Jika ini terjadi, pestisida dalam kaleng semprot bukanlah solusi lagi, sebab mereka akan muncul kembali. Salah satu cara alami untuk membunuh semut di rumah dan tidak memiliki efek berbahaya pada lingkungan adalah menggunakan bahan alami di rumah.

Tapi apa saja bahan alami tersebut? Seperti dikutip Boldsky, Rabu (11/2/2015) berikut ulasannya:

2 dari 3 halaman

Bahan Alami 1-4


1. Cuka

Cuka adalah penolak semut alami. Letakkan cuka dalam botol dan semprotkan ke semua tempat semut masuk. Setelah cuka mengering, ulangi proses ini selama beberapa hari. Cara ini akan mencegah semut memasuki rumah Anda.

2. Air sabun

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membasmi semut di rumah. Hampir sama dengan sebelumnya, masukkan air yang telah dicampur sabun ke dalam botol. Lalu semprotkan di sekitar sarang semut.

3. Kapur

Ini yang menarik. Semut tidak akan pernah menyeberangi garis kapur. Sehingga sangat mudah untuk mengakhiri jalan semut menggunakan kapur. Yang Anda butuhkan adalah beberapa kapur putih biasa dan menggambar garis di sekitar sarang semut.

4. Bedak bayi

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang aman dan mudah untuk membunuh semut di rumah. Taburkan bubuk bayi di setiap titik semut masuk. Ini akan memblokir mereka untuk memasuki rumah Anda.

3 dari 3 halaman

Bahan Alami 5-8


5. Perasan jeruk

Selain memberikan bau segar untuk rumah Anda, perasan jeruk ternyata dapat membasmi semut. Cukup semprotkan beberapa perasan jeruk ke jalan semut. Ini adalah salah satu cara yang efektif dan alami untuk membunuh semut di rumah.

6. Ampas kopi

Jika Anda menaburkan ampas kopi di sekitar tepi rumah Anda, dijamin semut tidak akan berani masuk rumah Anda. Ampas kopi yang ditaburi di taman juga akan membuat semut menjauh dari tanaman

7. Tepung jagung

Semut memang tidak takut akan tepung jagung. Mereka akan memakannya. Tapi percayalah, semut tidak mampu mencernanya, hingga akhirnya tepung jagung membunuh mereka.

8. Garam

Garam juga tidak akan membunuh semut. Tapi garam bisa mencegah dan menghentikan semut datang ke rumah melalui retakan, lubang, dan sebagainya. Pastikan bahwa daerah yang akan ditaburi, kering ya.