Sukses

Brasil dan Portugal Ikuti Jejak Prancis Lolos ke Fase 16 Besar, Begini Nasib Qatar-Kanada

Liputan6.com, Jakarta Babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 sudah nyaris rampung. Ke-32 tim tinggal melakoni sekali pertandingan sisa di fase grup ajang turnamen sepak bola paling akbar tersebut.

Ada lima tim yang sudah mengetahui nasibnya, di antaranya tuan rumah Qatar dan perwakilan dari Amerika utara, Kanada yang sudah dipastikan tak lolos ke babak selanjutnya, meski mereka masih memiliki kewajiban menjalani sekali laga fase grup.

Tim Samba--julukan Brasil, dan Portugal memastikan diri lolos ke fase 16 besar, mengikuti jejak juara bertahan Perancis yang sudah lebih dulu menginjakkan kaki di fase selanjutnya.

Ketiga tim berhasil mengamankan enam poin setelah sukses membungkam dua lawannya di babak penyisihan.

Kylian Mbappe dan kolega yang menghuni Grup D, sukses melibas Australia dengan skor 4-1, dilanjutkan dengan kemenangan tipis atas Denmark 2-1. Skuad berjulukan Les Bleus hanya tinggal melakoni laga terakhir penyisihan Grup D melawan Tunisia pada Rabu (30/11).

Tim selanjutnya yang berhasil lolos ke fase 16 besar yakni Brasil, penghuni Grup G. Tim Samba menang atas Serbia dengan skor 2-0, dilanjutkan dengan kemanangannya ata Swiss 1-0.

Sementara itu Portugal yang menghuni Grup H, sukses melangkahkan kakinya ke fase 16 besar Piala Dunia 2022 setelah menumbangkan Uruguay dengan skor 2-0. Chritiano Ronaldo dan kolega sebelumnya berhasil mengalahkan Ghana 3-2.

Adapun dua tim yang dipastikan gagal melaju ke babak selanjutnya, yakni Qatar dan Kanada yang tidak meraih satupun kemenangan dari dua pertandingan yang dilakoninya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemenangan Terbesar

Kemenangan terbesar ditorehkan Spanyol yang berhasil melibas Kosta Rika 7-0 saat melakoni laga perdana penyisihan Grup E pada Rabu (23/11/2022), lalu.

Ketujuh gol skuad berjulukan La Puria Roja masing-masing dicetak oleh Dani Olmo menit 11, Marco Asensio menit 21, Ferran Torres menit 31 dan 54, Gavi menit 74, Carlos Soler menit 90, ditambah gol penutup yang dicetak oleh Alvaro Morata menit 90+2.

3 dari 4 halaman

Top Skor Sementara

Meski didaulat menjadi tim tersubur sementara dengan torehan 8 gol, tapi pencetak gol terbanyak hingga saat ini tidak datang dari kesebelasan La Puria Roja.

Striker Spanyol yang mencatatkan namanya di papan top skor Piala Dunia 2022, hanya Alvaro Morata dan Ferran Torres dengan dua gol saja. Pencetak gol terbanyak saat ini diisi oleh penyerang Ekuador, Enner Valencia dan pemain depan Prancis, Kylian Mbappe dengan torehan tiga gol.

Sisanya, sebanyak 12 pemain berhasil menyumbangkan masing-masing dua gol untuk kesebelasannya. Di antaranya, ada pemain andalan Argentina Lionel Messi, penyerang Brasil Richarlison, pemain Iran Mehdi Taremi dan striker Prancis Oliver Giroud.

Untuk urusan assist, tercatat ada enam pemain yang berhasil memberikan umpan berujung gol dengan masing-masing dua assist. Di antaranya, pemain Serbia, Andrija Zivkovic, dan striker Inggris Harry Kane.

4 dari 4 halaman

Kartu

Terkini, sudah ada 10 kartu kuning yang dirogoh wasit dari sakunya. Di antara pemain yang sudah mendapatkan kartu kuning yakni, Abdulelah Almalki (Arab Saudi0, Alireza Jahanbkhsh (Iran), Mvim Onana (Belgia), dan Francisco Calvo (Kosta Rika).

Adapun pemain yang mendapatkan kartu merah yakni penjaga gawang Wales, Wayne Hennessey. Ia dihukum kartu merah setelah melanggar salah satu pemain Iran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS