Sukses

Seragam Baru Satpam, Warganet: Mirip Polisi India

Banyak warganet yang menilai seragam satuan pengamanan mirip dengan polisi India.

Liputan6.com, Jatim - Warna seragam satuan pengamanan (Satpam) yang baru resmi dikenalkan oleh Korbinmas Baharkam Polri secara resmi dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022)

Warna seragam baru satpam diganti dari cokelat muda menjadi krem. Penggantian tersebut disebabkan warna cokelat muda terlalu mirip dengan polisi sehingga membingungkan masyarakat.

Seragam baru satpam ini, juga mencuri perhatian publik termasuk warganet. Banyak warganet yang menilai seragam satuan pengamanan ini mirip dengan polisi India.

Pantauan Liputan6.com, keywords polisi India bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 1.700 cuitan.

"Padahal warna putih biru bagus-bagus aja, kenapa diganti ya? Jadi kaya polisi India," tulis seorang warganet.

"Bagusan yang lama sih, putih-biru tua atau putih-hitam... Ini malah kek polisi India...," tulis yang lainnya.

Meski begitu, ada juga beberapa warganet yang tak mempermasalahkan seragam baru satpam dan lebih fokus kepada kinerjanya.

"Keren Satpam Indonesia, gak lagi mirip polisi Indonesia, mirip polisi India pun tak apa lah," ujar pengguna Twitter.

"Tidak apa-apalah walau seragam satpam sekarang ini mirip polisi India, yang penting bukan soal seragamnya, tapi mereka sebagai satuan pengamanan bisa bekerja dengan baik di lingkungan kerjanya," timpal yang lainnya.

 

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Ganti Warna Seragam

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan, pada upacara HUT ke-41 Satpam itu, pihaknya resmi mengenalkan seragam baru sekaligus sosialisasi kepada masyarakat.

"Iya betul, tanggal 2 Februari dikenalkan seragam baru," kata Ramadhan, Rabu (2/2/2022).

Informasi soal perubahan warna seragam satpam dari warna cokelat muda menjadi krem ini sudah sejak pertengahan Januari 2022, karena warnanya yang mirip dengan seragam polisi.

"Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam," jelasnya.

Polri terlebih dahulu melakukan pengkajian terkait perubahan warna seragam baru satpam ini, selanjutnya mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) terkait perubahan warna seragam satpam tersebut.

Warna seragam baru satpam ini akan diimplementasikan tahun depan dan mulai Rabu (2/2/2022) sosialisasinya sudah dimulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.