Sukses

Selain Dehidrasi Ini Penyebab Lain Bibir Kering

Bibir kering dan pecah-pecah tidak selalu berbahaya, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan terkadang dapat menyebabkan infeksi atau peradangan.

Liputan6.com, Jakarta - Bibir kering menjadi salah satu masalah umum yang bisa dialami banyak orang. Meski tidak membahayakan jiwa, namun bibir kering bisa cukup mengganggu penampilan.

Bibir kering dan pecah-pecah tidak selalu berbahaya, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan terkadang dapat menyebabkan infeksi atau peradangan.

Bibir pecah-pecah dapat menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan membuka jalan bagi bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh melalui bibir yang terluka.

Selain itu, bibir kering dan pecah-pecah juga dapat menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius, seperti dehidrasi, infeksi jamur, atau masalah dermatitis.

Selain dehidrasi, bibir kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

1. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Kondisi ini terjadi karena sinar matahari bisa menyebabkan kulit bibir kehilangan kelembapan alaminya dan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

2. Cuaca dingin dan berangin

Udara dingin dan berangin bisa menyebabkan kehilangan kelembapan alami pada bibir dan dapat menyebabkan bibir menjadi lebih sensitif terhadap kerusakan.

3. Kelembaban rendah

Bibir kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh kelembapan yang rendah. Ini terjadi ketika udara di sekitar kita kering dan kelembaban alami bibir kita hilang, sehingga menyebabkan bibir menjadi kering.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Beberapa makanan dan minuman seperti kopi, teh, dan alkohol dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

5. Kebiasaan menjilat bibir

Menjilat bibir dapat membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Hal ini terjadi karena air liur yang mengandung enzim dapat merusak lapisan pelindung kulit bibir.

6. Reaksi alergi

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan kosmetik atau produk perawatan bibir tertentu. Hal ini bisa jadi penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun jika masalah ini berlangsung cukup lama, sebaiknya buat janji dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penangan yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.