Sukses

Dukungan Nyata untuk Penyandang Disabilitas ala Pabrik Terkemuka di Klaten

Selain memfasilitasi inklusi center, perusahaan ini juga membentuk kelembagaan yang mengelola Inklusi Center secara lebih baik.

Liputan6.com, Klaten - Komisi Nasional Disabilitas (KND) memberikan penghargaan Anugerah Prakarsa Inklusi kepada PT Tirta Investama, pabrik AQUA Klaten, Selasa (27/9/2022). AQUA Klaten sejak 2016 telah mendampingi Inklusi Center Kecamatan Karanganom (ICKK) yang menaungi 120 disabilitas, 40 Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan pemberdayaan ekonomi untuk 15 Kepala Keluarga, masyarakat dan relawan di Karang Anom.

Selain memfasilitasi inklusi center, perusahaan ini juga membentuk kelembagaan yang mengelola Inklusi Center secara lebih baik. Praktik baik dari Karang Anom ini yang kemudian diduplikasi pada kelembagaan Difa Tangguh Polan Mandiri yang bergerak aktif di Kecamatan Polanharjo.

Saat ini tercatat terdapat 25 relawan aktif, didukung 4 terapis profesional dan 7 fasilitator, pelatihan terus dilakukan untuk mengembangkan sumberdaya tersebut. Secara berkala mereka berkumpul di Inklusi Center di aula desa. Mereka mendapat pemeriksaan kesehatan dan terapi gratis yang dilakukan oleh tenaga medis dari PMI Kabupaten Klaten.

Selain itu, orang tua juga dilatih supaya mampu melakukan terapi sendiri di rumah. Secara psikologis mereka juga berlatih mengenali dan mengembangkan bakat anaknya. Kegiatan setiap minggu ini juga menjadi wadah mereka bersilaturahmi, berbagi dan saling menguatkan semangat.

Menurut Ketua KND Dante Rigmalia, masih ada stigma di keluarga sendiri yang menghambat disabilitas untuk berkembang.

“Saya multidisabilitas, tetapi saya merasa beruntung, keluarga saya bisa memahami saya dan memberikan kesempatan untuk berkembang,” ujarnya dalam siaran pers.

Ia bercerita, berangkat dari dukungan dan perhatian keluarga, disabilitas bisa dikenali potensinya dan berkembang. Memiliki anak atau anggota keluarga difabel jangan dikonotasikan negatif. Inklusi center yang tumbuh dari level desa dan kecamatan ini adalah praktik baik.

“Kita harus gaungkan kebaikan ini,” kata Dante.

Ia mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat, relawan, pemerintah kecamatan, desa, akademisi serta AQUA Klaten yang telah memfasilitasi, memberikan perhatian dan pendampingan kepada disabilitas.

Pada kesempatan yang sama, Plant Director AQUA Klaten I Ketut Muwaranata saat menerima Anugerah Prakarsa Inklusi mengatakan pendampingan dan pemberdayaan disabilitas sudah sejalan dengan misi Danone yaitu One Planet One Health.

“Kami berkomitmen untuk terus mendorong upaya-upaya memberikan kesempatan yang sama kepada saudara-saudara disabilitas. Tidak hanya penyediaan fasilitas khusus untuk karyawan disabilitas. Pendampingan juga diberikan kepada saudara-saudara disabilitas di sekitar wilayah operasional”, ucapnya.

Ia berharap kolaborasi dengan pendekatan pentahelix ini bisa diperkuat dan menginspirasi semakin banyak pemangku kepentingan bisa mengambil peran untuk memberikan kesempatan penyadang disabilitas.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.