Sukses

Moskow Larang Penjualan Alkohol Saat Idul Adha

Pemerintah Moskow melarang penjualan alkohol di negaranya kali ini. Kenapa?

Pemerintah kota Moskow melarang penjualan alkohol di negaranya. Bukan di semua tempat dan untuk selamanya.

"Larangan penjualan alkohol akan diberlakukan pada daerah di sekitar lokasi masjid-masjid di Soboraya dan Istoricheskaya, selama perayaan Lebaran Adha," dikutip kantor berita RIA Novosti dari pernyataan wakil Prefektur Tata Usaha Distrik Pusat Moskow, seperti dilansir dari Islam.ru yang dimuat Liputan6.com, Selasa (8/10/2013).

Dengan diberlakukannya larangan tersebut, para penjual alkohol yang berada di dekat masjid-masjid itu harus menghentikan jualannya sementara waktu.

Tak ada keterangan lebih rinci terkait pemberlakuan peraturan tersebut. Bisa diduga Moskow memberlakukan aturan itu guna menghormati umat muslim di sana yang akan merayakan Idul Adha.

Islam merupakan agama kedua yang paling banyak dianut di Rusia. Umat muslim di Rusia umumnya berada di Kaukasus Utara, di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia: Adyghe, Balkars, Chechen, Ingush, Kabardin, Karachay, dan Dagestan. Selain itu ada juga di sekitar Sungai Volga Basin.

Populasi muslim Rusia diperkirakan sekitar 19 persen dari total penduduk yang berjumlah sekitar 143 juta.  (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.