Sukses

Ahli Sebut 3 Minuman Ini Buat Kulitmu Terlihat Lebih Tua, Salah Satunya Kopi

Menurut seorang ahli, mengonsumsi tiga jenis minuman dapat membuat kulit terlihat lebih tua

Liputan6.com, Jakarta Seorang pakar perawatan kulit mengatakan ada beberapa minuman yang banyak kita konsumsi setiap hari yang justru membuat kulit kita menua.

Para pecinta perawatan kulit dibanjiri dengan postingan media sosial setiap hari yang memberi tahu kita produk apa yang harus dibeli dan teknik membuat wajah kita terlihat sempurna. Namun, karena jenis kulit kita bisa sangat berbeda, tidak semuanya cocok untuk semua orang - ada yang terobsesi dengan asam hialuronat, ada yang menggunakan masker wajah setiap malam, dan ada yang hanya mengandalkan kain lap basah.

Namun satu hal yang menjadi aturan umum bagi setiap orang adalah memasukkan makanan yang baik ke dalam tubuh kita dan berolahraga juga dapat membantu kulit kita.

Seorang ahli saraf mengatakan bahwa minuman tertentu dapat berdampak buruk pada kulit kita, namun sayangnya minuman tersebut justru kerap kita konsumsi. Dia mengatakan satu adalah "kejutan nyata" dan ada dua lainnya yang bisa membuat kulit kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Robert Love, membantu orang memahami cara merawat kulit mereka dengan lebih baik. Pakar kesehatan ini telah memperoleh lebih dari 13,2 juta pemirsa dan 1,8 juta pengikut di halaman TikTok tempat dia membantu orang. Ia mengkhususkan diri dalam membantu orang mencegah penyakit Alzheimer tetapi juga membahas bidang kesehatan lainnya.

Love mengatakan bahwa alkohol membuat kulit dehidrasi sehingga membuatnya terlihat lebih tua. Meskipun ada penelitian yang menghubungkan beberapa manfaat kesehatan dengan minum alkohol dalam jumlah sedang muncul, seperti yang kita ketahui, efek jangka panjang alkohol pada tubuh Anda secara umum tidak baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alkohol bikin kulit menua

Love berkata: "Alkohol membuat kulit Anda menua. Terutama, alkohol melakukannya dengan membuat kulit dehidrasi. Alkohol membuat tubuh dehidrasi, sehingga membuat kulit dehidrasi dan membuat Anda terlihat lebih tua."

"Alkohol juga menyebabkan penuaan otak dan penuaan tubuh. Alkohol berbahaya bagi usus, [dan] tentu saja berbahaya bagi hati. Alkohol merusak koneksi otak-usus dan alkohol secara langsung berbahaya bagi otak dan tidur Anda. Semua hal tersebut membuat alkohol sangat merusak kulit dan seluruh tubuh Anda."

Yang kurang mengejutkan dibandingkan alkohol adalah soda. Minuman bersoda sering kali mengandung gula yang meningkatkan glukosa darah Anda - berpotensi menyebabkan peradangan kulit, yang merupakan penyebab utama penuaan kulit. Robert menambahkan: "Jangan biarkan saya mulai mengonsumsi diet soda. Diet soda bahkan lebih buruk bagi Anda."

 

3 dari 4 halaman

Kopi bikin dehidrasi

Minuman ketiga yang datang sebagai "kejutan" bagi sang ahli adalah kopi. Meskipun minuman ini memiliki beberapa manfaat kesehatan yang menjanjikan, termasuk baik untuk otak dan bakteri usus, kafein bersifat diuretik.

Love berkata: "Itu berarti membuat Anda dehidrasi. Jadi, kafein dapat membuat tubuh dehidrasi dan kulit dehidrasi serta membuat Anda terlihat lebih tua."

“Sekarang, saya tidak mengatakan jangan minum kopi lagi. Jika Anda memang menyukai kopi atau minuman yang mengandung kopi – dan banyak di antaranya sangat menyehatkan otak dan tubuh – pastikan bahwa kafein tidak hanya menyehatkan Anda tapi kulitmu juga terlihat bagus."

Love menyarankan untuk minum banyak air di sela-sela waktu minum kopi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan tampak awet muda.

 

4 dari 4 halaman

Respons netizen

Menanggapi video TikTok, salah satu orang menulis: "Tanpa alkohol, tanpa soda, tanpa kopi...apa yang tersisa untuk diminum?"

Yang lain berkata: "Saya sangat senang karena saya berhenti minum alkohol, saya merasakan perbedaannya, saya hanya minum air putih atau teh alami."

"Saya hanya minum kopi, tapi orang-orang terkejut saya tidak terlihat berusia 80 tahun," tambah orang lain.

Yang lain berkomentar: "Maaf, tetapi jika saya harus berhenti minum kopi, saya harus berhenti bernapas. Saya bisa mengatasi kerutan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.