Sukses

Dahsyatnya Menulis Basmalah di Bulan Muharram, Berkah Keberuntungan hingga Perlindungan Allah

Khasiat luar biasa menulis basmalah 113 kali di kertas pada bulan Muharram. Begini kisahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menulis basmalah di awal bulan Muharram dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam, yang menandai permulaan tahun baru Hijriyah.

Bulan ini memiliki kedudukan istimewa dan disucikan dalam Islam, sehingga banyak amalan dianjurkan oleh para ulama untuk dilakukan selama bulan ini.

Bulan Muharram juga dikenal sebagai salah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah SWT. Dalam bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, seperti puasa sunnah, bersedekah, dan memperbanyak dzikir.

Khususnya, puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram memiliki keutamaan yang besar, sebagaimana disampaikan dalam berbagai hadits Nabi Muhammad SAW.

Kembali ke soal basmalah, merupakan ucapan "Bismillahirrahmanirrahim," yang berarti "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang." Ucapan ini sering diawali sebelum melakukan berbagai kegiatan dan ibadah dalam kehidupan sehari-hari umat Islam.

Menulis atau mengucapkan bismillah diyakini membawa berkah, perlindungan, dan petunjuk dari Allah SWT. Selain itu, basmallah mengandung makna ketundukan dan pengakuan akan kekuasaan Allah dalam segala hal yang dilakukan oleh seorang Muslim.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menulis Basmalah, Membawa Berkah Keberuntungan

Mengutip bincangsyariah.com, salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Muharram adalah menulis basmalah, yang dipercaya membawa berkah dan keberuntungan di tahun baru.

Salah satu amalan ringan yang dianjurkan para ulama adalah menulis Basmalah dalam sebuah kertas pada tanggal 1 bulan Muharram.

Amalan ini memiliki khasiat terhindar dari musibah seumur hidup dan agar selamat dari pemerintah dzalim atau orang yang berniat buruk kepada kita.

قال سيدي ابن عراقي في كتاب الصراط المستقيم في خواص بسم الله الرحمن الرحيم ان من كتب في ورقة في أول يوم من المحرم البسملة مائة و ثلاث عشرة مرة و حملت لم ينل حامله مكروه هو و أهل بيته مدة عمره و من كتب الرحمن خمسين مرة و دخل بها على سلطان جائر أو حاكم أمن من شره

Artinya:”Sayyid Ibnu ‘Iraqi dalam kitabnya Siratal Mustaqim yang menjelaskan keistimewaan lafadz “bismillahi ar rahman ar rahiim” sesungguhnya barang siapa yang menulis lafadz basmalah pada sebuah kertas sebanyak 113 kali di awal permulaan bulan Muharram.

3 dari 3 halaman

Melindungi dari Orang yang Berniat Jahat

Dan membawanya di manapun ia berada maka ia dan keluarganya akan selamat dari mara bahaya seumur hidup. Dan barangsiapa menulis lafadz Ar Rahman sebanyak 50 kali dan dibawa menghadap raja (pemerintah) atau hakim yang dzalim ia akan selamat dari kejahatan mereka.

Dari penjelasan di atas, cara menulis lafadz basmalah adalah dengan menulis lafadz tersebut sebanyak 113 kali pada selembar kertas pada tanggal 1 bulan Muharram. Setelah itu, bawa kertas tersebut ke mana pun pergi.

Pun juga bisa menulis lafadz Ar Rahman sebanyak 50 kali. Insya Allah, ini akan membantu melindungi dari musibah dan orang-orang yang berniat jahat.

Demikian penjelasan terkait khasiat menulis basmalah di awal bulan Muharram semoga bermanfaat Wallahu a’lam bissawab.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.