Sukses

Ramadan 2024 Ini Ekspatriat Inggris Bakal Bagi Makanan Gratis ke 45.000 Orang di Masjid Dubai

Seorang ekspatriat Inggris yang berada di Dubai merencanakan pemberian makanan kepada 45.000 orang di Dubai.

Liputan6.com, Satwa - Seorang ekspatriat Inggris yang berada di Dubai merencanakan pemberian makanan gratis kepada 45.000 orang di Dubai.

Upaya Kelly Harvarde untuk memberi makan orang dimulai beberapa tahun lalu dengan Kulkas Ramadhan di Jumeirah, yang harus dia hentikan karena COVID.

Bagi Kelly Harvarde, bulan Ramadhan adalah bulan di mana dia bisa berkontribusi kembali kepada kota yang telah dia tinggali selama lebih dari 15 tahun.

Meskipun dia bukan seorang Muslim, ekspatriat asal Inggris ini terus memberi makan ratusan orang selama beberapa tahun.

Pada hari Senin (11/3), dia dan timnya di Dubai Goodwill Group kembali ke Masjid Ahmad Al Ghurair di Satwa untuk melanjutkan misinya.

"Bagi kami, Ramadan melampaui agama," katanya, sambil membagikan paket makanan kepada lebih dari 600 orang pada hari pertama bulan suci Ramadan, mengutip dari khaleejtimes.com, Rabu (13/3/2024).

"Orang-orang dari berbagai latar belakang, kebangsaan, dan budaya berkumpul setiap tahun untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat," ujar Kelly.

Kelly juga mengatakan bahwa dirinya benar-benar percaya bahwa siapa pun dapat membuat perbedaan dalam komunitasnya.

"Anda tidak perlu menjadi miliarder dermawan untuk itu. Kami adalah sekelompok orang biasa, teman dan tetangga yang berkumpul dan sebagai sebuah kelompok, kami dapat melakukan hal-hal besar," tuturnya. 

Kelly mempelopori program pemberian makanan kepada jamaah yang datang ke masjid selama tiga tahun berturut-turut dan ia berharap dapat menjangkau 1.500 orang setiap hari.

"Kami bertujuan untuk memberi makan 45.000 orang selama sebulan, yang merupakan target ambisius, namun kami tahu bahwa kami dapat memenuhinya dengan bantuan dari komunitas pendukung kami yang luar biasa di Dubai," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inisatif The Dubai Goodwill Group

Setiap hari, beberapa relawan bergabung dengan Kelly dan kelompoknya di masjid di Satwa untuk membantunya.

“Kami memberi pengarahan kepada semua orang mengenai prosesnya, di mana makanan ditempatkan, bagaimana antrean orang mengalir, bagaimana kami mengisi ulang, merapikan, dan melanjutkannya," katanya.

“Kami mendirikan tempat makanan untuk makanan panas, buah-buahan dan air. Bersama-sama kami menurunkan truk makanan dan menyiapkan makanan serta paket buah-buahan, lalu kami mendistribusikan makanan.”

Dia mengakui bahwa mengelola semuanya terkadang sulit tetapi sepadan. “Ini merupakan tantangan logistik dalam mengelola relawan, makanan, dan orang-orang yang kami layani,” katanya.

"Ini adalah tahun ketiga kami, jadi kami membuat organisasi ini menjadi sebuah karya seni dan semua orang bekerja sama dengan sangat indah."

Inisiatif ini adalah bagian terbaik sepanjang tahun Kelly. “Kami ingat untuk menyapa setiap orang yang datang untuk makan dengan senyuman,” katanya.

“Kami mengucapkan Ramadhan Kareem. Kami menatap mata orang-orang dan mengucapkan terima kasih. Kami terhubung. Masjid ini hidup dengan komunitas yang melayani. Itu terdengar dengan bahasa yang berbeda, suara yang berbeda, karena kita semua bekerja sama dengan satu tujuan untuk berbagi cinta dan kegembiraan di waktu yang luar biasa ini sepanjang tahun. Itu adalah bagian terindah dari hari kami, minggu kami, tahun kami.”

3 dari 4 halaman

Mulai dari Rumah

Bagi Kelly, usahanya memberi makan orang dimulai beberapa tahun lalu. “Kami dulu menjalankan Kulkas Ramadhan yang luar biasa dan sangat sukses dari vila keluarga kami di Jumeriah, dan berhasil memberi makan lebih dari seribu orang setiap malam,” katanya.

Saat itu, ia bersama rombongannya menghabiskan waktu berjam-jam mengemas perlengkapan buka puasa yang kemudian dibagikan kepada masyarakat.

Pada hari-hari tertentu, ia melihat ratusan orang mengantri di luar vilanya, sementara pada hari-hari lain, para relawan membagikannya kepada orang-orang yang berpuasa dengan mobil mereka.

“Kami hanya bisa melakukannya dengan bantuan teman-teman kami yang luar biasa, tetangga, dan masyarakat,” katanya.

“Setiap kali kami kehabisan makanan, kami berdoa memohon bantuan dan bantuan datang dalam bentuk teman dan orang asing yang tak terhitung jumlahnya.

Setelah inisiatif lemari es berhenti selama COVID dan tidak digunakan kembali, dia beralih ke pembagian buka puasa di masjid.

Baginya, dia menyukai segala sesuatu yang diwakili oleh Ramadhan. “Ini adalah bulan untuk merenungkan semua yang Anda miliki,” katanya.

“Ingatlah bahwa tidak semua orang seberuntung itu. Bersikap baik, berbuat baik dan membantu masyarakat di sekitar Anda. Apa yang tidak disukai dari hal itu?”

4 dari 4 halaman

Warga Tionghoa di Bandung Bagikan 1.000 Takjil Ramadhan

Serupa dengan apa yang dilakukan oleh Kelly di Dubai, bentuk toleransi umat beragama ini juga terjadi di Indonesia.

Hal ini dilakukan warga non-muslim yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Tionghoa Peduli. Mereka membagikan sejumlah takjil kepada para pengguna jalan di depan Masjid Lautze 2, Jalan Tamblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 28 Maret 2023.

Koordinator Masyarakat Tionghoa Peduli, Djoni Toat mengatakan, aksi bagi-bagi takjil tersebut merupakan bentuk toleransi beragama kepada umat muslim yang menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Ada sekitar 1.000 paket takjil yang dibagikan ke pengendara. Selain di Jalan Tamblong, pembagian takjil juga dilakukan di Jalan Lembong yang berdekatan dengan lokasi Masjid Lautze 2.

Sementara itu, Pengelola Masjid Lautze 2 Hernawan Mahfudz mengatakan pembagian takjil bersama warga non-muslim itu rutin dilakukan.

Selain membagikan takjil, kata dia, Masjid Lautze 2 juga menggelar kegiatan buka bersama dengan masyarakat sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.