Sukses

Niat dan Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh Syaban Hari Kedua, Sabtu 24 Februari 2024

Hari ini, Sabtu 24 Februari 2024, merupakan puasa Ayyamul Bidh Syaban 1445 H hari kedua. Bagi umat Islam yang ingin mengamalkannya, berikut kami bagikan niat dan tata caranya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu puasa yang dianjurkan setiap bulannya adalah puasa Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan pada pertengahan bulan dalam penanggalan kalender Hijriyah, yakni tanggal 13, 14, dan 15.

Disebut Ayyamul Bidh karena puasa tersebut dilakukan pada hari yang malamnya cerah terang benderang disinari rembulan. Rembulan tersebut selalu menyinari bumi sejak matahari terbenam sampai terbit kembali.

Anjuran melaksanakan puasa Ayyamul Bidh dapat ditemukan di beberapa riwayat.  Salah satunya hadis yang diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan radhiyallahu anhu. Ia berkata,

“Rasulullah SAW telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online).

Hari ini, Sabtu 24 Februari 2024, merupakan puasa Ayyamul Bidh Syaban 1445 H hari kedua. Bagi umat Islam yang ingin mengamalkannya, berikut Liputan6.com bagikan niat puasa Ayyamul Bidh dan tata caranya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat dan Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh Syaban Hari Kedua

Berikut niat dan tata cara puasa Ayyamul Bidh, dinukil dari situs NU.

1. Niat melaksanakan puasa Ayyamul Bidh. Berikut lafalnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Sebagaimana puasa sunnah pada umumnya, waktu niat puasa Ayyamul Bidh sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

2. Makan sahur, utamanya menjelang waktu Subuh sebelum imsak.

3. Melaksanakan puasa dengan menahan segala perkara yang membatalkan seperti makan dan minum.

4. Lebih menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa seperti berkata kotor, menggunjing orang, dan segala perbuatan dosa. 

5. Kelima, segera berbuka puasa saat tiba waktu maghrib

3 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa ayyamul bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis berikut.

وَإِنَّ بِحَسْبِكَ أَنْ تَصُومَ كُلَّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فإن لك بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أَمْثَالِهَا فإن ذلك صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ 

Artinya: “Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang kaulakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh.” (HR Bukhari-Muslim).

Demikian lafal niat puasa Ayyamul Bidh Syaban 1445 H hari kedua yang bertepatan pada Sabtu, 24 Februari 2024 lengkap dengan keutamaannya. Semoga kita bisa mengamalkan salah satu ibadah sunnah ini. Aamiin. Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.