Sukses

5 Wasiat Rasulullah Agar Jadi Muslim yang Baik di Akhir Zaman

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi muslim yang baik menjadi dambaan tiap orang Islam. Terlebih jika bisa paripurna menunaikan rukun Islam dan Iman.

Namun, ternyata menjadi muslim yang baik bukan hanya sekadar menjalankan perintah syariah wajib. Ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan seorang muslim.

Meski terdengar berat, selama masih ada niat dan kemauan untuk mempelajari syariat Islam dan tuntunan Allah dan Rasulullah SAW maka bukan suatu hal yang mustahil bagi seorang muslim menjadi lebih baik.

Untuk menjadi sebaik-baiknya muslim, banyak pesan dan amalan-amalan yang telah Allah dan Rasulullah SAW jabarkan di dalam Al-Quran maupun hadis.

Menjadi muslim yang lebih baik dapat dilakukan dengan memahami pesan-pesan dan melakukan amalan-amalan baik yang dianjurkan oleh Allah SWT maupun Rasulullah SAW. Tentu saja diikuti dengan menjauhi segala tindakan yang dilarang dalam Al-quran.

Rasulullah SAW pun menyampaikan sejumlah wasiat yang ditujukan kepada seluruh umatnya agar menjadi muslim yang lebih baik dalam menjalankan kehidupan di dunia ini.

Rasulullah adalah nabi akhir zaman. Begitupun dengan umatnya, yang merupakan umat akhir zaman yang tantangannya lebih berat dibanding umat terdahulu.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan Rasulullah SAW

Dikutip dari islampos, terdapat sejumlah pesan yang diberikan Rasulullah SAW kepada beberapa orang sahabat yang saat itu baru saja masuk Islam. Pesan tersebut mengandung beberapa perkara yang sebaiknya umat muslim lakukan agar menambah rasa keimanan umat muslim terhadap Allah SWT.

Al-Aqamah bin Harits dan enam orang temannya, mewakili kaumnya yang telah memeluk Islam mendatangi Nabi Muhammad SAW atau Rasulullah SAW dan menyatakan diri mereka sebagai ‘orang-orang yang beriman’.

Rasulullah SAW menyambut gembira keislaman mereka dan kaumnya tersebut, tetapi mendengar ‘pengakuan’ keimanannya, Nabi SAW bersabda, “Apakah hakikat keimanan kalian?”

Al Aqamah berkata, “Wahai Rasulullah, kami memiliki limabelas sifat/perkara, lima perkara yang engkau perintahkan kepada kami, lima perkara yang diperintahkan utusan engkau kepada kami, dan lima sifat yang kami miliki sejak jahiliah dan masih terus kami amalkan, kecuali jika nantinya engkau melarangnya.”

 

3 dari 3 halaman

Wasiat Rasulullah SAW

Ketika Rasulullah SAW bertanya lebih lanjut tentang hal tersebut, Al Aqamah menjelaskan:

Lima perkara yang diperintahkan Rasulullah SAW adalah beriman kepada Allah SWT, kepada malaikat-malaikatNya, Kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya, dan kepada takdir Allah, baik ataupun buruk.

Lima perkara yang diperintahkan utusan Rasulullah SAW kepada mereka ketika menyeru kepada Islam adalah mengucap dua kalimah syahadat, mengerjakan shalat lima waktu, membayar zakat, puasa di Bulan Ramadhan dan berhajji ke Baitullah jika mampu.

Lima sifat yang menjadi akhlak mereka sejak jahiliah tetapi tetap diamalkan adalah bersyukur ketika mendapat kesenangan, bersabar ketika ditimpa musibah, keras dan berani di medanperang, ridha atas takdir yang ditetapkan Allah, dan tidak gembira atas musibah yang menimpa musuh.

Dengan gembira Rasulullah SAW membenarkan dan memuji mereka ini, beliau bersabda, “Kalian adalah orang-orang yang faqih dan beradab, hampir saja kalian seperti nabi-nabi karena sifat-sifat kalian yang begitu.

Dan aku tambahkan lima wasiat, agar Allah SWT menyempurnakan bagi kalian sifat-sifat kebaikan kalian, yaitu :

1. Janganlah kalian mengumpulkan makanan, yang tidak akan kalian makan.

2. Janganlah membangun rumah yang tidak kalian tinggali.

3. Janganlah kalian berlomba-lomba mengumpulkan sesuatu yang pasti akan kalian tinggalkan di kemudian hari.

4. Takutlah kepada Allah, yang pada suatu hari nanti kalian akan dikumpulkan di hadapan-Nya.

5. Hendaklah kalian mencintai alam akhirat, yang pasti akan kalian tempati dan kalian kekal di dalamnya.“

Nah itu dia 5 pesan yang dibawa Rasulullah SAW yang ditunjukkan kepada seluruh umat muslim agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik yakni salah satunya dengan mengimani segala sesuatu yang berkaitan dengan Allah SWT.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.