Sukses

Keutamaan Membaca Sholawat di Hari Jumat Luar Biasa, Amalkan di Bulan Rajab

Sebagaimana dalam hadis, membaca sholawat di hari Jumat akan mendapat keutamaan yang luar biasa, di antaranya sholawat yang dibacakan seorang muslim akan diperlihatkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Jumat merupakan rajanya hari, dijuluki sayyidul ayyam. Sebagai salah satu hari yang istimewa, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh di hari Jumat.

Salah satu amalan yang disarankan untuk diperbanyak di hari Jumat adalah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dari Aus bin Aus, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku di hari Jumat karena sholawat kalian ditunjukkan kepadaku." 

Kemudian para sahabat bertanya, "Bagaimana sholawat itu ditunjukkan kepada Anda padahal Anda telah menjadi tanah (meninggal)?"

Nabi bersabda, "Sesungguhnya, Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para nabi shallallahu 'alahim ajma'in." (HR Ahmad, sanadnya dinilai shahih oleh Syu’aib Al-Arnauth)

Berdasarkan hadis tersebut, ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya mengajak umat Islam memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari Jumat. Sebab, sholawat yang dibacakan akan disodorkan langsung kepada nabi.

“Ini sholawat dari Fulan, dan nabi berbangga kepada nabi-nabi lain, berbangga kepada umat. Maka jadilah orang yang dibanggakan nabi, memperbanyak bacaan sholawat (di hari Jumat),” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Kamis (1/2/2024).

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Membaca Sholawat di Hari Jumat

Selain sabda nabi dari Aus bin Aus, ada beberapa riwayat lain yang menjelaskan keutamaan membaca sholawat di hari Jumat. Misalnya, dari Abu Masud Al-Anshary RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada Jumat. Karena tidaklah seorang bershalawat kepadaku pada Jumat melainkan sholawat diperlihatkan kepadaku." (HR al-Hakim dan al-Baihaqi)

Dalam hadis yang diriwayatkan Anas radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari Jumat dan malamnya. Karena siapa bershalawat satu kali kepadaku, maka Allah bersholawat kepadanya (merahmatinya) sepuluh kali." (HR al-Baihaqi)

3 dari 4 halaman

Anjuran Memperbanyak Amalan di Bulan Rajab

Sebagaimana hadis-hadis sebelumnya, membaca sholawat di hari Jumat akan mendapat keutamaan yang luar biasa, di antaranya sholawat yang dibacakan seorang muslim akan diperlihatkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW.

Sebaiknya, membaca sholawat ini juga diamalkan pada hari Jumat bulan Rajab. Sebab, Rajab termasuk bulan yang dimuliakan Allah (asy-syahrul hurum). 

Sama dengan Jumat, Rajab juga merupakan bulan yang dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh dan perbuatan taat. Perbuatan taat yang dilakukan di bulan Rajab akan diganjar pahala lebih besar dari biasanya.

 العَمَلُ الصَّالِحُ أَعْظَمُ أَجْرًا فِي الْأَشْهُرِ الْحُرُمِ، وَالظُّلْمُ فِيْهِنَّ أَعْظَمُ مِنَ الظُّلْمِ فِيْمَا سِوَاهُنَّ

Artinya: “Amal salih lebih agung (besar) pahalanya di dalam bulan-bulan haram (Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab). Sedangkan zalim pada bulan tersebut (juga) lebih besar dari zalim di dalam bulan-bulan selainnya.” (Imam al-Baghawi, Ma’alimut Tanzil fi Tafsiril Qur’an, [Beirut, Darul Ihya’ at-Turats, cetakan keempat: 1417 H/1997 M], juz IV, halaman: 44, dikutip dari NU Online).

4 dari 4 halaman

Beberapa Contoh Bacaan Sholawat Nabi

Redaksi sholawat yang populer cukup banyak. Mengutip NU Online Jatim, berikut ini beberapa contoh bacaan sholawat nabi dalam kitab Shahih Bukhari.

صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَتِهِ كَمَا صَلَّيتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَاصَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللّٰهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَابَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مَحَمَّدٍ عَبدِكَ وَرَسُولِكَ كَمَا صَلَّيتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزوَاجِهِ وَذُرِّيَتِهِ كَمَا صَلَّيتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَتِهِ كَمَابَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Itulah tentang keutamaan membaca sholawat di hari Jumat beserta redaksi bacaan sholawatnya. Semoga kita bisa mengamalkan di bulan Rajab ini. Wallahu ‘alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.