Sukses

4 Golongan Manusia yang Dirindukan Surga, Apakah Kamu Termasuk?

Di dalam surga kita disuguhkan dengan beragam kenikmatan, salah satu nikmat yang tak bisa ditandingi adalah dapat melihat wujud Allah SWT. Inilah 4 golongan manusia yang dirindukan oleh surga.

Liputan6.com, Jakarta - Surga menyimpan segala macam kenikmatan yang jauh berkali-kali lipat dari kenikmatan dunia. Surga adalah balasan bagi orang-orang  yang beriman dan senantiasa taat kepada-Nya.

Sejatinya surga bukanlah sekedar nama yang mewakili tempat tertentu. Karena surga merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, sebagaimana alam semesta dan seisinya. 

Kita semua tentunya sangat mendambakan surga. Namun, ternyata surga juga dapat merindukan manusia. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi SAW bersabda;

مَنْ سَأَلَ اللَه اْلجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ قَالَتِ اْلجَنَّةُ اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ اْلجَنَّةَ وَمَنِ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثلَاَث َمَرَّاتٍ قَالَتِ النَّارُ اَللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

“Barangsiapa meminta surga kepada Allah sebanyak tiga kali, maka surga akan berkata, ‘Ya Allah masukkan dia ke dalam surga.’ Dan barangsiapa meminta dijauhkan dari neraka, maka neraka berkata, ‘Ya Allah, jauhkan dia dari neraka.’”

Lantas, golongan manusia seperti apakah yang dirindukan oleh surga? Berikut penjelasannya mengutip dari laman mui.or.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Hadis

Ketua Komisi Dakwah Khusus (KDK) MUI Sulsel Dr KH Masykur Yusuf MA menjelaskan, ada 4 golongan manusia yang sangat dirindukan surga Allah SWT.

Berasal dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ

Artinya: “Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al Quran, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

 

3 dari 4 halaman

Golongan Manusia yang Dirindukan Surga

1. Golongan pertama adalah orang-orang yang lisannya senantiasa digunakan untuk membaca kalam Allah SWT setiap waktu dan kesempatan yang ada.

2. Golongan kedua merupakan orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mencaci-maki, dan menghujat.

Golongan ini termasuk orang-orang yang beriman. Disebutkan dalam sebuah hadis Nabi saw yang berasal dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir hendaklah dia berkata yang baik, atau diam. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir menghormati tetangganya. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir, maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

4 dari 4 halaman

Golongan Manusia yang Dirindukan Surga

3. Golongan ketiga adalah orang yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan.

Golongan ini merupakan orang yang senantiasa membantu orang yang membutuhkan. Allah SWT akan membalas kebaikan yang dilakukan oleh hambanya. Bahkan, kelak di hari kiamat Allah SWT akan memberikan makan dari buah-buahan surga.Apalagi di bulan puasa ini pahala kita akan dilipatgandakan Allah SWT.

4. Golongan keempat adalah orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: Golongan keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Golongan ini adalah orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Maka, bersyukurlah bagi mereka yang senantiasa melaksanakan puasa Ramadan. Kehadiran mereka dirindukan oleh surga. Allah SWT juga telah menyediakan pintu surga bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.