Sukses

Waduh.. Serbuan Emak-emak Ponorogo Bikin Mas Banser Pengawal Gus Iqdam Kewalahan

Keseruan pengajian pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, Blitar, ini juga terjadi di Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (13/12/2023). Ngaji Gus Iqdam bersama Majelis Ar Roudhoh Duri Sawo, Ponorogo dibanjiri jamaah ibu-ibu alias emak-emak

Liputan6.com, Jakarta - Pengajian Gus Iqdam selalu dihadiri oleh ribuan orang. Kebanyakan adalah wanita, atau emak-emak. Meski, banyak pula jemaah pria.

Keseruan pengajian pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, Blitar, ini juga terjadi di Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (13/12/2023). Ngaji Gus Iqdam bersama Majelis Ar Roudhoh Duri Sawo, Ponorogo dibanjiri jemaah ibu-ibu.

Tampak antusiasme jemaah yang sebagian besarnya kaum ibu itu begitu tinggi. Bahkan, Banser sempat dibikin kewalahan saat Gus Iqdam menuju panggung.

Emak-emak merangsek ingin bersalaman atau sekadar selfie. Akibatnya, tim pengamanan pun dibikin repot.

Dalam istilah Gus Iqdam dan jemaah ST Nyell, disebut 'Ngrepotke petugas'.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gus Iqdam Sanjung Emak-emak

 

"Luar biasa ini semuanya rata-rata ibu-ibu yang hadir. Makanya Ponorogo suasananya adem," kata Gus Iqdam, dikutip dari laman NU Jatim, Jumat (15/11/2023).

Gus Iqdam mengungkapkan berdasarkan hasil survei banyaknya orang-orang sholih dan sholihah terlahir dari ibu yang istimewa. Karena mau diakui atau tidak, ibu adalah madrasah pertama bagi anak.

"Ibu itu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Kalau ibu-ibu dan mbah-mbahnya rajin shalawatan, saya yakin di Ponorogo ini akan muncul ulama-ulama dan pemimpin-pemimpin masa depan yang berkualitas yang Insyaallah akan menjadi kebanggaan Indonesia," ujarnya. 

 

3 dari 3 halaman

Kiai Alim dan Wali Terlahir dari Rahim Ibu yang Rajin Ngaji

Gus Iqdam menambahkan, kiai-kiai alim dan wali-wali itu biasanya lahir dari ibu-ibu yang rajin mengaji dan rela duduk menunggu lama.

"Karena barokahnya duduk lama mengaji itu, setiap melahirkan pasti anaknya berkualitas," pungkasnya. 

Melansir NU Online Jatim, ibu-ibu yang hadir pada pengajian tersebut rela datang sehari sebelum acara dimulai.

Dan hadir pada pengajian tersebut Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita serta jajarannya, Ketua PCNU Ponorogo Kiai Fatchul Azis serta pengasuh Pondok Pesantren Duri Sawo Gus Ayub, Pimpinan Pondok Pesantren Al Barokah KH Imam Suyono dan beberapa tokoh NU lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.